Consumer Goods

Bagaimana Tren Minum Kopi Berubah di Tengah Pandemi

PHOTO CREDIT: 123RF

Kopi sudah menjadi bagian dari gaya hidup masyarakat Indonesia. Bahkan menjadi bagian penting dalam kehidupan sehari-hari. Sepertinya, bagi sebagian orang, tidak lengkap rasanya bila sehari tidak meminum kopi. Tren specialty coffee yang berkembang di Indonesia selama satu dekade terakhir memperkuat budaya minum kopi serta menjadikan kopi sebuah gaya hidup.

Selama pandemi, tren minum kopi juga mengalami perubahan. Kebiasaan minum kopi yang tadinya sering dilakukan di kafe maupun kantor menjadi terbatas karena adanya PSBB untuk mengurangi risiko penyebaran COVID-19. Berikut empat fakta perubahan tren minum kopi selama pandemi dari GrabFood.

Masyarakat kini hobi memesan kopi dalam jumlah besar

Para penggemar kopi kini lebih suka memesan kopi untuk seluruh anggota keluarga yang sedang di rumah saja. Data dari GrabFood memerlihatkan, jumlah kopi per pesanan mengalami peningkatan dari sebelum masa pandemi yang hanya satu gelas per pesanan menjadi tiga gelas kopi.

Selain itu, banyak juga merchant kopi yang menawarkan paket kopi dalam jumlah banyak, termasuk dalam paket botol satu liter. Bahkan kini telah menjadi tren baru di antara para penikmat kopi.

Kopi Jadi Teman Bekerja

Pandemi COVID-19 membuat para pekerja melakukan work from home. Di GrabFood, rentang waktu paling sibuk pemesanan kopi adalah pukul 14.00 hingga 16.00. Waktu tersibuk kedua adalah jam makan siang, pukul 12.00 hingga 14.00 untuk membantu mengatasi kantuk setelah makan siang.

Kopi susu menjadi favorit

Kopi susu menjadi primadona. Berdasarkan data dari mitra kedai kopi paling laris di platform GrabFood, mayoritas pemesanan kopi di Indonesia didominasi oleh kopi susu dengan berbagai rasa, seperti gula aren, vanila, hingga karamel. Bahkan terdapat tren kopi susu baru yang muncul di tengah pandemi, yaitu kopi Dalgona satu liter yang sempat booming di media sosial.

Minuman cokelat sebagai selingan

Sesekali, para penggemar kopi memesan menu yang tidak mengandung kafein. Pilihannya pun jatuh kepada minuman cokelat dingin. Data dari GrabFood menyebutkan, dari lima merek favorit konsumen, cokelat dingin selalu menempati tiga besar pesanan terbanyak dari konsumen.

Editor: Muhammad Perkasa Al Hafiz

MARKETEERS X








To Top