Bandara Juanda Resmi Kembali Dibuka Untuk Perjalanan Luar Negeri

profile photo reporter Medikantyo Adhikresna
MedikantyoAdhikresna
16 Maret 2022
marketeers article
Pemerintah Indonesia mengumumkan Bandara Internasional Juanda Surabaya Jawa Timur kembali dibuka untuk pelaku perjalanan luar negeri (PPLN) di luar Pekerja Migran Indonesia (PMI). Hal tersebut disampaikan oleh Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan pada Senin (14/3/2022).
Setelah resmi kembali dibuka, Bandara Juanda kini bisa melayani penumpang yang melakukan perjalanan internasional, termasuk rombongan umrah dari dan menuju Arab Saudi. Begitu juga dengan wisatawan dan pendatang dari negara lain, yang masuk ke Indonesia dengan menggunakan visa on arrival. 
Kebijakan membuka pintu masuk dengan visa tersebut, sebelumnya hanya berlaku untuk wisatawan dan negara tertentu melalui Bandara Internasional Ngurah Rai Denpasar Bali. Perluasan titik masuk bagi warga negara asing, khususnya dengan potensi wisata besar dan anggota G20, dilakukan berdasarkan evaluasi dari kebijakan tersebut.
“Segala persiapan untuk menunjang hal ini, mulai dari tempat karantina dan isolasi hingga kesiapan petugas di lapangan sudah dikoordinasikan dengan baik. Beroperasinya Bandara Juanda untuk PPLN non-PMI akan berdampak positif bagi ekonomi Jawa Timur,” kata Luhut dalam tayangan video yang disiarkan Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Kemenko Marves).
Luhut menyebut langkah menerima kedatangan wisatawan dan pendatang asal luar negeri dengan visa on arrival sudah mulai mendorong kegiatan ekonomi di Bali. Dalam catatannya, terdapat kedatangan PPLN dengan visa on arrival sebanyak 449 penumpang dengan total penerimaan negara bukan pajak (PNBP) mencapai Rp 224 juta.
Bandara Juanda Surabaya sendiri sudah dibuka untuk perjalanan luar negeri khusus warga negara Indonesia (WNI) dan PMI sejak 1 Januari 2022 lalu. Langkah itu diambil, untuk mengurangi beban penumpukan perjalanan internasional khususnya WNI yang baru dibolehkan datang ke Tanah Air melalui Bandara Internasional Soekarno-Hatta Tangerang, Banten.
Pelayanan kedatangan dan keberangkatan penerbangan internasional di Bandara Juanda usai kembali dibuka, terpusat di Terminal 2. Sementara itu, seluruh kegiatan penerbangan domestik berjalan terpisah di Terminal 1.
Penerbangan perdana sejak Bandara Juanda dibuka kembali untuk perjalanan internasional pun telah dilakukan pada Selasa (15/3/2022). Maskapai Garuda Indonesia mengangkut 220 jemaah umrah dalam penerbangan langsung Surabaya ke Madinah, Arab Saudi menggunakan armada Airbus A330-300.
Editor: Muhammad Perkasa Al Hafiz

Related