Technology

Bangun Ekosistem Digital, Alfamart Gandeng Telkomsel Enterprise

Alfian Manullang, GM IoT Smart Connectivity Telkomsel Enterprise.

Telkomsel baru saja menjalin kolaborasi bersama PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk. (Alfamart). Di sini, Telkomsel menyediakan solusi berbasis Internet of Things (IoT) untuk mentransformasi jaringan operasional wide area network (WAN) milik Alfamart melalui solusi IoT Managed Service Software-Defined Wide Area Network (SD-WAN).

Kolaborasi ini dilakukan untuk mengakselerasikan transformasi ekosistem digital yang menyeluruh dan berkelanjutan di sektor bisnis ritel di Indonesia. Implementasi Managed Service SD-WAN dari Telkomsel IoT membantu Alfamart meningkatkan performa bisnis dan produktivitas kinerja dengan tetap menjaga efisiensi biaya operasional.

“Transformasi digital untuk perusahaan hari ini tidak bisa ditunda lagi. Riset menemukan, 75% perusahaan sudah mulai melakukan transformasi digital,” ujar Senior VP Telkomsel Enterprise Dharma Simorangkir.

Keharusan tersebut juga dilihat oleh Alfamart dalam menjalankan jaringan ritel mereka. ‚ÄúDalam beberapa tahun terakhir, Alfamart tengah berupaya melakukan transformasi digital di lebih dari 14.000 gerai kami yang tersebar di seluruh Indonesia. Kolaborasi bersama Telkomsel kali ini memperluas digitalisasi di dalam operasional perusahaan,” ujar Direktur International Business & Technology Alfamart Bambang Setyawan Djojo.

Solusi Managed Service SD-WAN dari Telkomsel IoT mampu mentransformasi infrastruktur WAN yang dikelola Alfamart dengan menghubungkannya ke sistem cloud. Sehingga, sistem operasional jaringannya dapat terotomatisasi dan terintegrasi secara end-to-end.

“Mengangkat tagline Deploy Instantly, Manage Powerfully with Telkomsel IoT Managed SD-WAN, teknologi ini memberikan empat manfaat bagi operasional Alfamart,” ujar Alfian Manullang, GM IoT Smart Connectivity Telkomsel Enterprise.

Pertama, solusi tersebut membuat perangkat keras yang digunakan di gerai atau kantor cabang Alfamart dapat tersambung langsung ke data center pusat perusahaan melalui cloud, sehingga tidak membutuhkan data center penghubung lagi seperti pada WAN konvensional.

Kedua, Alfamart tidak perlu lagi menggunakan leased line dalam menghubungkan data center pusat, hub data center, dan gerai atau kantor cabang. Ketiga, koneksi langsung antara data center pusat dengan perangkat keras di gerai atau kantor cabang juga dapat membuat Alfamart menghindari gangguan teknis pada hub data center yang mampu mengganggu operasional secara luas.

Manfaat keempat, seluruh pengelolaan manajemen solusi SD-WAN akan dilakukan oleh Telkomsel. Sehingga Alfamart tidak perlu lagi menjalankan pengendalian perangkat hingga pengamanan jaringan secara mandiri yang tentunya membutuhkan biaya operasional yang tinggi.

MARKETEERS X








To Top