Bangun USP, Bestari Festival Usung Sensory Marketing

marketeers article
Bestari Festival Usung Lima Senses Experience Bagi Pengunjung. (Dok. Bestari Festivak)

Kelompok inisiatif Pandemic Talks dan IDEA Fest menggagas Bestari Festival, sebuah festival lingkungan yang menghadirkan sensory marketing dengan menggugah lima indera manusia untuk mengingat pentingnya akan tanggung jawab dalam melestarikan lingkungan.

Festival ini dibuat untuk memantik kesadaran masyarakat agar terlibat aktif dalam mengidentifikasi permasalahan lingkungan dan mulai mengambil langkah untuk menanggulanginya bersama-sama.

Firdza Radiany, penggagas Bestari Festival yang juga menginisiasi Pandemic Talks mengatakan di Bestari Festival semua akan sama-sama belajar, dan bertemu dengan teman-teman yang memiliki kegelisahaan yang sama.

“Bestari Festival adalah sebuah event talkshow, workshop dan kuliner, yang merupakan wadah nyaman bagi penduduk Jabodetabek yang baru memulai langkah untuk peduli lingkungan,” kata Firdza dalam keterangan tertulis, Jumat (2/2/2024).

BACA JUGA: Strategi Suzuki Beri Kemudahan lewat Festival Service Jabodetabek

Dalam perjalanannya, Firdza Radiany bertemu dengan kedua rekannya dengan concern serupa, yaitu Firza Daud yang dikenal sebagai seorang pegiat lari dan gaya hidup sehat.

Serta Citra Ovani, seorang ibu dan perempuan karier yang tidak luput merasakan tanggung jawab untuk mewariskan lingkungan yang lebih baik pada anaknya melalui kebiasaan sehari-hari.

“Bestari Festival adalah sebuah forum yang tidak hanya memberikan Anda pengetahuan dan inspirasi tentang isu lingkungan, tetapi juga memberikan Anda pengalaman yang menyenangkan dan menarik melalui panca indera,” ujar Co-Founder Bestari Festival Firza Daud.

Tidak hanya itu, Bestari Festival juga memberikan pengunjung pengalaman yang menggugah lima indera pada manusia. Di lokasi acara, pengunjung disambut dengan dekorasi bernuansa alam dan “greenart installation yang mewakili indera visual manusia.

BACA JUGA: Usung Experiential Marketing, Telkomsel Gelar Poin Festival 2023

Selama di lokasi acara, pendengaran pengunjung dimanjakan dengan backsound suara alam, kicau burung, debur ombak, dan elemen alam lainnya agar lebih peka saat merasakan suasana alam.

Tak ketinggalan, pengunjung juga menikmati aktivitas memeluk pohon dari Sanustra, melalui indera peraba, sehingga dapat merasakan koneksi dan kehangatan yang berasal dari alam.

Terakhir, pengunjung juga disuguhi aneka makanan dan minuman ‘hijau’ khas Nusantara yang menggugah indera pengecap melalui Selaras Market dari Nasi Peda Pelangi dan Burgreens.

Selain itu, tersedia Ruang Tenang oleh Sanustra, sebuah instalasi seni yang menawarkan pengalaman utuh 5 Senses Experience yang coba membantu menemukan kejernihan, kedamaian dan kesadaran koneksi kita dengan alam.

“Melalui Bestari Festival, kami berharap agar masyarakat bisa lebih peka dan sadar akan perubahan iklim yang terjadi, sekaligus dapat berperan aktif untuk menjaga kelestarian bumi yang kita cintai ini,” tutup Firza.

Editor: Muhammad Perkasa Al Hafiz

Related