Finance

Bank DBS Fokus Pada Pengembangan Perbankan Digital

Perkembangan teknologi memaksa sektor perbankan melakukan transformasi digital. Pandemi juga mengakselerasi transformasi digital pada sektor ini. Perbankan digital diprediksi akan menjadi new normal dalam industri keuangan.

Menurut Leonardo Koesmanto, Managing Director dan Head of Digital Banking PT Bank DBS Indonesia mengatakan, adanya platform digital pada sektor perbankan memungkinkan layanan keuangan yang dipersonalisasi menyesuaikan dengan kebutuhan dan preferensi masing-masing nasabah.

“Dengan perbankan digital, solusi keuangan yang ditawarkan dapat disesuaikan dengan kebutuhan nasabah, terlebih jika kita berbicara mengenai wealth management. Dengan adanya digitalisasi, produk yang ditawarkan adalah produk yang sesuai dengan kondisi keuangan nasabah,” kata Leonardo.

Mengantisipasi perkembangan tersebut, Bank DBS melakukan tranformasi digital hingga ke inti perusahaan atau digital to the core, mulai dari proses dan layanan perbankan hingga budaya kerja. Salah satu inovasi yang dihadirkan untuk mendukung transformasi digital bank ini adalah digibank by DBS yang dikatakan mampu menjawab kebutuhan nasabah.

Aplikasi digibank by DBS memungkinkan nasabah untuk dapat melakukan aktivitas perbankan tanpa harus pergi ke kantor cabang, tanpa perlu mengisi dokumen yang banyak, dan tanpa perlu tanda tangan basah. Bank DBS menyebutnya sebagai branchless, paperless, dan signatureless.

Tidak hanya menghadirkan produk digital, dari sisi layanan keluhan nasabah, Bank DBS juga sudah menggunakan fitur Virtual Assistant dengan teknologi Artificial Intelligence dan fitur Live Chat untuk menjawab berbagai pertanyaan nasabah.

Perbankan digital juga sangat dibutuhkan saat pandemi seperti ini. Pada Juni lalu, digibank by DBS melihat adanya pertumbuhan transaksi online selama masa social distancing. Peningkatan transaksi online pada aplikasi tersebut bahkan mencapai 75% pada fitur Bayar & Beli dan penggunaan kartu debit.

“Strategi kami adalah terus mengembangkan inovasi teknologi, dengan menghadirkan berbagai layanan keuangan di dalam aplikasi digibank by DBS, mulai dari remittance hingga wealth management yang dapat diakses di mana saja dan kapan saja,” tutup Leonardo.

Editor: Ramadhan Triwijanarko

MARKETEERS X








To Top