Business

Barclays dan Premier League Lanjutkan Kerja Sama Strategis

Barclays Premier League Inggris
Barclays sudah dua dekade menjadi sponsor Premier League (FOTO: 123RF)

Barclays dan Premier League sepakat lanjutkan kerja sama strategis hingga musim 2024-2025. Pembaruan perjanjian itu ditandatangani bersamaan dengan momentum peringatan jalinan kerja sama kedua pihak yang sudah terjalin selama 20 tahun terakhir.

Barclays mulai menjadi sponsor kompetisi sepak bola teratas Liga Inggris itu pada 2001 silam. Kerja sama antara mereka dan Premier League tercatat sebagai yang paling sukses terlama dalam kompetisi olahraga profesional saat ini.

Dalam kurun waktu dua dekade terakhir, Barclays juga menjadi penyedia layanan finansial perbankan juga pertukaran mata uang asing terdepan, bagi mayoritas klub peserta kompetisi Premier League. Salah satu perusahaan layanan keuangan ternama di Inggris itu menjadi partner resmi perbankan (Banking Partner) resmi ajang Premier League hingga 2025 nanti.

“Selama dua dekade terakhir Barclays telah menunjukkan dukungan utamanya kepada Sepak Bola baik di dalam maupun luar lapangan. Melalui kerja sama ini, kami berambisi untuk menciptakan peluang di berbagai jenjang kepada semua pihak untuk dapat menikmati pertandingan,” kata Will Brass, Chief Commercial Officer Premier League.

Selain melanjutkan kerja sama strategis dengan Premier League, Barclays juga mengumumkan komitmen sebagai sponsor utama kompetisi sepak bola utama Asosiasi Sepak Bola Inggris (FA), FA Women’s Championship. Nantinya nama kompetisi secara resmi akan berubah menjadi Barclays FA Women Championship

Pergantian nama kompetisi itu, akan berlaku mulai musim 2022-2023 nanti. Barclays pernah mensponsori kompetisi profesional bagi pesepakbola wanita itu ketika kali pertama diselenggarakan oleh FA pada 2019 lalu.

Barclays juga mengucurkan dana untuk pengembangan olahraga sepak bola bagi wanita di tingkat akar rumput. Terutama di kalangan siswa sekolah lewat program yang dikelola bersama FA, dengan tajuk FA Girls’ Football School Partnership (FAGFSP).

Kegiatan itu sudah menyentuh 9.700 sekolah berbagai jenjang di Inggris. Kolaborasi keduanya, memberi kemudahan bagi para siswi mengakses olahraga sepak bola setara dengan siswa lainnya.

“Kami dengan bangga mengumumkan perjanjian kerja sama baru dengan Premier League dan FA. Dalam momentum perayaan komitmen jangka panjang kami untuk mengembangkan persepakbolaan Inggris. Dalam 18 bulan terakhir, sepak bola memberi semangat dan kebersamaan kepada banyak pihak yang mengalami masa sulit termasuk kami,” kata Sasha Wiggins, Group Head of Public Policy and Corporate Responsibility, Barclays.

Adanya investasi baru mulai 2022, membuat FA berencana meluaskan program FAGFSP untuk menjangkau hingga 20.000 sekolah pada 2024 mendatang. Selaras dengan gerakan ini, program Pendanaan Komunitas Barclays, juga secara langsung akan memberikan dukungan dan hibah kepada fasilitas sepak bola wanita yang membutuhkan.

 

Editor: Eko Adiwaluyo

The Latest

To Top