Barisan Strategi Honda Wujudkan Target Elektrifikasi 100% di Tahun 2040

marketeers article
Toshihiro Mibe, Global CEO Honda. (FOTO: Honda)

Honda Motor Co., Ltd. menegaskan komitmennya untuk memenuhi target pencapaian 100% terhadap produk elektrifikasi pada tahun 2040. Untuk mewujudkan hal tersebut, merek Jepang itu pun telah menyiapkan beragam strategi.

Toshihiro Mibe, Director, President and Representative Executive Officer (Global CEO) Honda Motor Co., Ltd mengatakan, perusahaan telah menyiapkan berbagai pendekatan komprehensif yang mencakup penetapan target untuk penjualan electric vehicle (EV), restrukturisasi pengadaan dan produksi untuk mengurangi biaya, memperkenalkan model EV yang inovatif, dan melakukan investasi finansial yang signifikan.

“Pendekatan komprehensif yang paling utama mencakup penetapan target untuk penjualan EV. Lewat strategi ini, Honda tetap percaya bahwa kendaraan listrik adalah solusi paling efektif untuk produk mobilitas kecil seperti sepeda motor dan mobil,” kata Toshihiro Mibe dalam siaran pers kepada Marketeers, Selasa (21/5/2024).

BACA JUGA: Strategi Honda Menjaga Pasar di Bawah Komando Shugo Watanabe

Karenanya, perusahaan mempunyai target 100% untuk produk EV dan fuel cell electric vehicle (FCEV) dari penjualan kendaraan globalnya pada tahun 2040 dimana hal ini tidak berubah. Honda juga melihat pada periode popularisasi EV, membangun merek EV yang kuat serta fondasi bisnis EV yang kokoh sebagai perspektif jangka menengah hingga jangka panjang Honda.

elektrifikasi honda

Kemudian pendekatan komprehensif berikutnya adalah hal untuk merestrukturisasi pengadaan dan produksi untuk mengurangi biaya. Dalam hal ini, fokus utama Honda dalam mendorong elektrifikasi ditekankan pada produksi baterai.

Menurut dia, perusahaan berupaya untuk mengurangi biaya produksi baterai di Amerika Utara dengan target lebih dari 20% dibandingkan dengan biaya saat ini pada tahun 2030.

BACA JUGA: Lewat PEVS 2024, Chery Perkenalkan Fitur Konektivitas Car Link O

“Kami juga akan membangun struktur bisnis yang kompetitif dengan tujuan mengurangi biaya produksi keseluruhan sekitar 35%. Kami sudah memiliki pandangan positif untuk mengamankan produksi baterai yang cukup untuk memenuhi sekitar 2 juta unit EV per tahun,” ujarnya.

Berikutnya, Honda juga akan melakukan investasi finansial yang signifikan sebagai pendekatan komprehensif berikutnya. Perusahaan berencana untuk menginvestasikan sekitar 10 triliun Yen untuk pengadaan berbagai sumber daya untuk mendukung tercapainya popularitas periode EV selama periode 10 tahun hingga tahun 2031.

Related