Batavia Madrigal Singers Sukses Harumkan Indonesia di Prancis

profile photo reporter Clara Ermaningtiastuti
ClaraErmaningtiastuti
23 Juni 2022
marketeers article
Batavia Madrigal Singers boyong gelar juara di European Grand Prix for Choral Singing 2022 di Tours, Prancis. | Foto: Batavia Madrigal Singers
Batavia Madrigal Singers berhasil menjuarai European Grand Prix for Choral Singing (EGP) 2022 yang digelar di Grand Theatre Tours, Prancis. Ini merupakan kemenangan kedua mereka di kejuaraan tersebut.
European Grand Prix for Choral SInging ini merupakan kompetisi paduan suara tertua di dunia yang mempertandingkan juara umum dari enam kompetisi di Eropa. Sebelum masuk ke jenjang kompetisi itu, para peserta telah terlebih dulu bertanding masing-masing di Concorso Polifónico Guido d’Arezzo (Italy), Béla Bartók International Choir Competition (Hungaria), International Choral Competition Gallus Maribor (Slovenia), Certamen Coral de Tolosa (Spanyol), Florilège Vocal de Tours (Perancis), dan International May Choir Competition Prof. G. Dimitrov (Bulgaria).
Batavia Madrigal Singers terpilih untuk tampil pada kejuaraan tahun ini berkat pencapaian mereka menjadi juara umum pada kompetisi di Tolosa, Spanyol. Kemenangan tersebut membawa mereka kembali bertanding di Prancis dan membawa pulang piala lainnya.
Selain Batavia Madrigal Singers, Indonesia memiliki perwakilan lainnya yang juga berkompetisi yaitu Paduan Suara Mahasiswa Universitas Padjadjaran. 
Pada pertandingan kali ini, para finalis diberikan waktu 22-26 menit untuk menampilkan karya yang mengambil tema dari karya tiga zaman berbeda. Membawakan enam buah karya, Konduktor Avip Priatna, satu pianis, dan 44 penyanyinya berhasil memukau tujuh juri.
“Setelah pertandingan ini, kami akan terus berusaha untuk memberikan performa terbaik. Bukan di setiap pertunjukan saja, tetapi membawa nama harum Indonesia di setiap kompetisi ternama Internasional yang kami ikuti,” kata Avip.
Editor: Ranto Rajagukguk

Related