Batik Air dan Lion Air Resmi Beroperasi di Bandar Udara Internasional Yogyakarta Kulonprogo

profile photo reporter Muhammad Perkasa Al Hafiz
MuhammadPerkasa Al Hafiz
29 Maret 2020
marketeers article
Batik Air (kode penerbangan ID) dan Lion Air (kode penerbangan JT) member of Lion Air Group dalam laporannya menyampaikan bahwa seluruh layanan mereka resmi beroperasi di Bandar Udara Internasional Yogyakarta Kulonprogo (YIA). Operasional ini merupakan perpindahan keseluruhan penerbangan Lion Air dan Batik Air dari Bandar Udara Internasional Adisutjipto (JOG). 
Lion Air Group menyatakan seluruh operasional dijalankan menurut standar operasional prosedur (SOP). Perusahaan tetap mengedepankan faktor keselamatan, keamanan dan kenyamanan (safety first) penerbangan. 
Peresmian perpindahan ditandai dengan pendaratan perdana Lion Air penerbangan JT-544 pukul 06.00 WIB. Pesawat Boeing 737-900ER registrasi PK-LKO berangkat tepat waktu pada 04.51 WIB dari Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang (CGK).
Untuk keberangkatan pertama, Batik Air bernomor ID-6692 mengudara pada 06.00 WIB dengan Airbus 320-200. Pesawat ini menuju Bandar Udara Internasional Aji Pangeran Tumenggung Pranoto, Samarinda (AAP).
Di sini, Batik Air memunyai 24 frekuensi penerbangan setiap hari pergi pulang (PP) di Yogyakarta Kulonprogo. Batik Air melayani empat kota tujuan domestik, yakni bandara CGK dan Halim Perdana Kusuma (HLP) Jakarta, Bandar Udara Internasional Aji Pangeran Tumenggung Pranoto, Kalimantan Timur (AAP) Samarinda, dan Bandar Udara Tjilik Riwut, Pahandut, Kalimantan Tengah (PKY) Palangkaraya. 
Sementara Lion Air, memiliki 46 frekuensi penerbangan setiap hari pergi-pulang (PP) di Yogyakarta Kulonprogo, melayani 14 kota tujuan domestik. 14 kota tersebut meliputi, Medan, Padang, Pekanbaru, Batam, Palembang, Jakarta, Banjarmasin, Balikpapan, Samarinda, Pontianak, Tarakan, Makassar, Denpasar, Mataram.
Ketersediaan jaringan Lion Air dan Batik Air di YIA diharapkan dapat melengkapi perjalanan udara tujuan Yogyakarta secara langsung (non-stop) maupun penerbangan lanjutan (connecting flight).
Perpindahan operasional menandai YIA sebagai bandar udara kedua di Yogyakarta dan bandar udara kelima di kawasan Jogja Solo Semarang (Joglosemar) yang dilayani Lion Air Group untuk penerbangan sipil komersial. Di Bandar Udara Internasional Adisutjipto sendiri, Lion Air beroperasi sejak November 2002 dan Maeet 2014 untuk Batik Air.

Related