Uncategorized

BBDO Ubah Dinamika Industri Periklanan dengan Tim Hybrid Baru

Photo Credits: 123rf

BBDO Indonesia menjadi salah satu agensi yang membubarkan manajamen akun, strategi, departemen digital, dan menerapkan struktur gabungan dari tim bisnis. Langkah ini berangkat dari banyaknya permintaan terhadap industri periklanan dalam menentukan dan pembuktian konsep, tidak hanya sekadar mendorong bisnis dan kampanye klien ke depan.

Struktur gabungan dari tim bisnis strategis yang paham digital ini dibentuk untuk dapat berinteraksi langsung dengan para klien. Restrukturisasi tersebut merupakan tonggak pemikiran dalam perjalanan transformatif BBDO Indonesia yang dimulai pada 2019.

“Ini merupakan fenomena global, beberapa asosiasi periklanan tidak terkecuali IPA telah mengindentifikasi serangkaian tren yang mengancam peran konvensional manajemen akun di agensi periklanan yang akan terus merosot jika tidak sepenuhnya bertransformasi. Pilihannya adalah kita bisa menunggu terlebih dahulu atau mengikuti arus perubahan hingga akhir,” kata Talha Hisaam, Managing Director BBDO Indonesia di Singapura, Selasa (17/11/2020).

Struktur agensi hybrid baru di BBDO Indonesia telah didukung oleh program pelatihan digital dan strategi di seluruh wilayah yang dilakukan oleh tim sepanjang 2020. Tidak terbatas pada ragam pengadaan workshops di BBDO Works, yakni model strategi jaringan yang telah dipatenkan perusahaan.

BBDO Indonesia juga kerap menggelar pelatihan yang mencakup Google Masterclass Trainings, Google Beginner, Advanced Analytics Trainings, Facebook Blueprint Creative Strategy Certifications, IPA Certifications for Fundamentals and Advanced-level Effectiveness Trainings, termasuk pengadaan beberapa webinar yang bertujuan memberikan kontribusi berharga dalam menghasilkan ide yang kreatif.  

“Transformasi kami merupakan transformasi jangka panjang, evolusioner, berkelanjutan, tidak mengganggu dan bersifat metamorf. Peran dalam struktur hybrid kami tidak hanya sekedar membawa pesan singkat dan menunggu feedback, tetapi sebagai mitra yang membawa nilai disiplin tinggi, terasah, luhur dan gesit sehingga dapat selalu melibatkan klien dalam diskusi strategis tingkat tinggi dan bertindak sebagai mitra maupun konsultan bisnis yang terpercaya,” ujar Talha.

Meski sistem ini belum banyak dianut di luar, namun Talha meyakini, cara ini dapat mendorong kerja sama yang lebih baik antara BBDO dan para klien untuk menciptakan karya-karya lokal bertaraf global.

MARKETEERS X








To Top