Government & Public Services

BCA Gandeng Kemenparekraf Gelar BCA Desa Wisata Awards 2021

Indonesia merupakan salah satu negara di dunia yang menyimpan banyak potensi wisata. Sebagai negara kepulauan, Indonesia memiliki banyak sekali kekayaan alam yang patut dibanggakan. Namun demikian, belum banyak masyarakat yang bisa mengelola kekayaan itu.

Melihat hal tersebut, beberapa waktu lalu, PT Bank Central Asia (Tbk) melalui Bakti BCA mengadakan BCA Desa Wisata Awards 2021. Kompetisi ini merupakan inisiasi BCA dengan menggandeng Kementrian Pariwisata. Menurut Jahja Setiaatmadja, Presiden Direktur BCA, penyelenggaraan BCA Desa Wisata Awards 2021 ini merupakan sarana untuk memberikan kesempatan bagi ratusan desa wisata di seluruh Indonesia dalam mempromosikan kekayaan yang mereka miliki.

“Di tengah kondisi pandemi seperti ini, penting sekali untuk melakukan sinergi dengan berbagai elemen untuk menciptaka daya tarik investasi yang kompetitif demi memulihkan kembali perekonomian Indonesia. Kami harap kompetisi ini dapat dimanfaatkan para desa wisata untuk menunjukkan kekayaan potensi yang mereka miliki,” ujar Jahja.

Kompetisi ini diikuti oleh 465 desa wisata yang tersebar di seluruh Indonesia. Terdapat empat kategori dalam kompetisi tersebut, antara lain Desa Wisata Kategori Alam, Desa Wisata Kategori Budaya, Desa Wisata Kategori Kreatif, dan Desa Wisata Kategori Digital.

Para peserta yang mengikuti kompetisi ini juga mendapatkan berbagai pelatihan, seperti komunikasi dan kepemimpinan, teknik foto menggunakan smartphone, social media branding, perkembangan pariwisata indonesia, masa depan desa wisata, teknik presentasi & layanan prima 4.0.

Baru-baru ini, dilakukan seremoni penganugerahan bagi desa wisata yang dinyatakan menang dalam kategori ini. Dalam seremoni tersebut, BCA mengumumkan 3 Desa Wisata sebagai pemenang kategori Desa Wisata Kategori Alam, Desa Wisata Kategori Budaya, dan Desa Wisata Kategori Kreatif. Sedangkan untuk kategori Desa Wisata Kategori Digital di menangkan oleh 1 Desa Wisata.

Nantinya, BCA akan melakukan beragam pendampingan bagi para pemenang. Pendampingan tersebut antara lain adalah pelatihan digital branding, pelatihan pemandu wisata, pelatihan standardisasi homestay, benchmarking, serta pengembangan paket wisata. Selain itu, BCA juga telah menyiapkan hadiah senilai 600 juta untuk pemenang kompetisi ini.

 

Editor: Eko Adiwaluyo

MARKETEERS X








To Top