Belajar dari Kasus Aghnia Punjabi, Ini Tips Memilih Babysitter yang Baik

marketeers article
Ilustrasi kekerasan anak oleh babysitter seperti yang dialami Aghnia Punjabi (Foto: 123rf)

Jagat maya tengah dihebohkan dengan kasus penganiayaan anak influencer Aghnia Punjabi oleh babysitter. Melalui unggahan di Instagram pribadinya, sang anak yang akrab disapa Cana itu terlihat mendapat luka lebam di bagian wajah dan telinga.

Dari unggahan itu pula, diduga bahwa putri Aghnia Punjabi disiksa oleh babysitter-nya selama lebih dari 30 menit. Sang selebgram mengungkapkan pengasuh putrinya itu tak hanya memukul Cana dengan tangan dan buku, tetapi juga menyiramkan minyak gosok ke wajahnya.

Hingga tulisan ini dibuat, sang babysitter yang diketahui berinisial IPS itu sudah ditahan oleh pihak kepolisian. Akan tetapi, belum diketahui yayasan mana yang menaungi tersangka penganiayaan anak Aghnia tersebut.

BACA JUGA: Belajar dari Denny Caknan, Ini Tips Mengurus Anak Tanpa Babysitter

Kejadian tidak mengenakkan yang menimpa Aghnia Punjabi mengingatkan kembali para orang tua untuk senantiasa berhati-hati dalam memilih babysitter. Melansir Alodokter, berikut sejumlah tips memilih pengasuh buah hati yang baik:

Cari Babysitter Berpengalaman

Pengalaman merupakan faktor utama yang perlu Anda perhatikan saat memilih babysitter. Jika memungkinkan, pilihlah babysitter yang usianya cukup matang dan tidak terlalu muda karena biasanya lebih berpengalaman.

Cari tahu riwayat pekerjaan calon babysitter dalam merawat dan mengasuh anak sebelumnya. Dengan begitu, Anda dapat memprediksi seperti apa jadinya jika nanti merawat buah hati Anda.

Lakukan Wawancara

Selain mencari tahu riwayat pekerjaan, Anda juga perlu mewawancarai calon babysitter secara langsung. Hal ini dapat membuat Anda memperkirakan bagaimana ia merawat buah hati Anda, termasuk caranya dalam mengatasi masalah yang dihadapi Si Kecil.

Siapkan daftar pertanyaan penting, seperti pengalaman atau sertifikat yang menunjukkan ia pernah mengikuti pelatihan babysitter. Akan lebih baik jika Anda juga bertanya soal kemampuan memberikan pertolongan pertama pada kecelakaan, apabila suatu saat anak sakit atau mengalami cedera.

BACA JUGA: Sulli Akui Hidupnya ‘Disetir’ sang Ibu, Pertanda Helicopter Parenting?

Perhatikan Interaksi dengan Anak

Jangan hanya mengajukan pertanyaan seputar pengalaman, Anda juga perlu melihat sendiri bagaimana calon babysitter berinteraksi dengan anak saat melakukan wawancara. Perhatikan bagaimana caranya menghibur, menegur, atau mengajak Si Kecil bermain.

Bisa pula mengajukan pertanyaan dalam bentuk contoh kasus. Misalnya, apa yang akan ia lakukan bila Si Kecil rewel atau melakukan sesuatu yang tidak baik, seperti melempar mainan.

Tetap Awasi Babysitter

Jika sudah mantap untuk mempekerjakan seorang babysitter, Anda perlu tetap mengawasinya. Selama beberapa hari pertama babysitter bekerja, Anda sebaiknya berada di rumah untuk mengawasi dan memberi tahu rincian tugas yang menjadi tanggung jawabnya. 

Amatilah pekerjaannya dan bagaimana cara ia berinteraksi dan mengasuh Si Kecil. 

Itulah sejumlah tips yang bisa dilakukan untuk memilih babysitter yang baik. Jika terjadi kejadian tak mengenakkan, seperti penganiayaan yang dialami oleh anak Aghnia Punjabi, segera laporkan ke pihak berwajib.

Editor: Ranto Rajagukguk

Related