Belajar Lebih Dewasa dalam Bersikap, Ini 5 Cara Mengendalikan Ego

marketeers article
Ilustrasi mengendalikan ego (Foto: 123rf)

Tahukah Anda kalau ternyata ada momen yang didedikasikan untuk merefleksikan seberapa tinggi ego dalam diri? Itulah Hari Kesadaran Ego, yang diperingati setiap tanggal 11 Mei untuk meningkatkan kesadaran terkait egoisme, termasuk cara mengendalikan ego.

Ego sendiri merupakan satu dari tiga bagian struktur kepribadian manusia menurut Sigmund Freud. Ahli psikoanalisis tersebut menjelaskan bahwa ego membuat seseorang sadar untuk memenuhi kebutuhan atau keinginannya.

Laman Hello Sehat menyebut setiap orang memiliki tingkatan ego berbeda. Saat seseorang memiliki ego terlalu tinggi, mereka akan dikenal sebagai orang dengan sifat egois yang hanya memikirkan diri sendiri tanpa memedulikan orang lain.

BACA JUGA: Peringati Hari Lupus Sedunia dengan Mengenal 6 Gejala Awalnya

Sifat tersebut bisa saja membuat Anda tidak disukai banyak orang. Karena itu, penting untuk mengendalikan ego agar jadi lebih dewasa dalam bersikap dengan menerapkan sejumlah cara berikut:

Terima Kritik dan Saran

Salah satu cara untuk mengendalikan ego ialah dengan menerima kritik dan saran dari orang lain agar menjadi pribadi yang lebih baik. Jangan bersikap defensif terhadap hal tersebut, sebab itu justru menandakan bahwa Anda adalah orang yang egois.

Terima Penolakan

Ego yang tinggi terkadang membuat seseorang menginginkan semua kehendaknya terpenuhi, padahal ada kalanya sebuah keinginan harus direlakan karena kondisi tertentu. Karena itulah, Anda perlu belajar menerima penolakan atau mengalah pada situasi tertentu.

Peduli dengan Orang Sekitar

Sifat egois akan membuat seseorang hanya berusaha memenuhi keinginannya sendiri tanpa memedulikan orang sekitar. Maka untuk menurunkannya, Anda perlu lebih peduli pada orang di sekitar.

BACA JUGA: Belajar dari Fat Cat, Ini 3 Cara agar Tidak Jadi Bucin Selama Pacaran

Misalnya saja, ketika sedang berada di dalam transportasi umum. Alih-alih langsung duduk di bangku kosong, coba perhatikan apakah ada orang lain yang lebih membutuhkan kursi, seperti ibu hamil atau orang tua.

Jadi Pendengar yang Baik

Selain lebih peduli dengan orang sekitar, Anda juga perlu belajar menjadi pendengar yang baik. Dengan mendengar cerita mereka, Anda akan lebih memahami keadaan orang-orang di sekitar yang sebenarnya, sehingga tidak hanya fokus pada diri sendiri.

Jangan Bandingkan Diri Sendiri

Sifat egois terkadang membuat seseorang kerap membandingkan dirinya sendiri dengan orang lain sehingga membuat egonya terluka. Karena itu, untuk mengendalikan ego, hentikan kebiasaan tersebut dan mulai fokus pada kemampuan sendiri.

Itulah beberapa cara untuk menurunkan ego yang tinggi. Mari manfaatkan Hari Kesadaran Ego ini untuk merefleksikan diri dan menjadi pribadi yang lebih baik!

Editor: Ranto Rajagukguk

Related