Berapa Biaya Produksi Satu Episode Game of Thrones?

marketeers article
Serial fantasi Game of Thrones merupakan salah satu serial televisi yang cukup dinanti pemirsanya. Mengambil latar sebuah dunia antah berantah dengan perebutan kekuasaan menjadikannya sebuah serial yang penuh aksi dan darah. Konon, serial Game of Thrones adalah salah satu serial dengan biaya produksi termahal yang pernah ada.
 
Pengambilan gambar yang berlangsung di lokasi-lokasi paling eksotis di dunia, mulai dari Irlandia Utara hingga Spanyol. Penggunaan efek CGI untuk memvisualisasikan bentuk naga seutuhnya. Hingga aktor dan aktris berkualitas yang membuat serial karya George RR Martin menjadi semakin nyata.
 
Memasuki seri keenam yang akan segera tayang di akhir April ini, dikabarkan HBO sebagai rumah produksi Game of Thrones menghabiskan biaya sekitar US$ 10 juta untuk satu episodenya. Padahal, satu seri Game of Thrones berisikan sepuluh episode. Sehingga bila dikalkulasikan biaya untuk membuat satu seri Game of Thrones mencapai US$ 100 juta.
 
Tentu saja, angka ini merupakan angka yang fantastis, mengingat Game of Thrones bukan film layar lebar tetapi sebagai serial layar kaca. Namun, angka fantastis ini juga pernah terjadi sebelumnya. Serial sitkom Friends untuk seri terakhirnya menghabiskan US$ 10 juta per episodenya. Masing-masing keenam artis dalam serial Friends dibayar sebanyak US$ 1 juta. Sebagai perbandingan serial Breaking Bad per episodenya menghabiskan rata-rata US$3 juta.
 
Biaya produksi Game of Thrones meningkat cukup signifikan, mengingat rata-rata biaya produksi kelima seri sebelumnya hanya berada pada kisaran US$ 6 juta. Rata-rata serial Game of Thrones disaksikan oleh lebih dari enam juta pasang mata. Bahkan, Game of Thrones menjadi serial yang paling banyak diunduh mengalahkan serial-serial lainnya.
 

    Related