Transportation & Logistic

BERGURU Jadi Cara Ninja Xpress Ajarkan Bisnis dari Rumah

Ninja Xpress terus mengoptimalkan perannya dalan membantu pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Indonesia. Salah satunya melalui program Belajar Ragam Usaha Baru (BERGURU).

BERGURU adalah upaya Ninja Xpress dengan cara memberikan referensi dan ide bagi pelaku dan calon pelaku UMKM. Acuan tersebut kemudian dijadikan sebuah konten yang bisa diakses secara gratis oleh masyarakat karena diunggah di akun YouTube Ninja Xpress.

”Kami berkolaborasi dengan para konten kreator untuk memberikan inspirasi bagi siapa saja yang mau memulai usaha produktif. Mencoba hal baru dari rumah,” kata Chief Marketing Officer Ninja Xpress, Andi Djoewarsa.

Secara umum konten BERGURU adalah tentang inspirasi, panduan, dan motivasi untuk UMKM membangun usaha dari rumah. ”Supaya tetap produktif dari rumah. Selain itu juga tentu dalam rangka mendukung program pemerintah untuk mengembangkan UMKM menghadapi situasi pandemi ini,” terusnya.

Mendorong pengembangan UMKM merupakan solusi bagi penyelamatan ekonomi dan sekaligus angka pekerja di Indonesia. Data Kamar Dagang dan Industri Indonesia (KADIN) mencatat setidaknya sebanyak 6,4 juta pekerja terdampak pandemic Covid-19 per Juni 2020. Mulai dari pemotongan gaji hingga Pemutusan Hubungan Kerja (PHK).

Padahal, berdasarkan pengalaman krisis 1998 dan situasi ekonomi kurang kondusif lainnya, sektor UMKM selalu menjadi tulang punggung perekonomian Indonesia.

”Sejalan dengan program pemerintah dalam menjadikan pengembangan UMKM sebagai program prioritas, Ninja Xpress ingin menggerakkan lebih banyak orang khususnya pelaku UMKM lokal di Indonesia untuk terhubung dengan ekosistem berbasis teknologi dan digital dalam melakukan pengembangan ataupun pemasaran produk mereka,” jelasnya.

Andi menjelaskan, konten-konten yang disajikan pada program BERGURU adalah yang relevan dan memungkinkan untuk dijalankan banyak orang. Bidang usahanya pun disesuaikan dengan analisa yang kuat dan menyesuaikan kebutuhan pasar. BERGURU juga bagian dari kampanye #ObsesiUntukNegeri dan program inisiatif Ninja Academy.

Hingga saat ini, konten BERGURU menyuguhkan beberapa profil usaha dan tips usaha UMKM yang tetap bertahan dan sukses di masa pandemi. Antara lain urban farmer, bisnis ikan Cupang, restorasi sepeda, aquascape, kain rajutan, hingga barbershop.

”Ninja Xpress ingin mengambil bagian di era ekonomi digital yang sedang bertumbuh akhir-akhir ini dengan cara mengantisipasi disrupsi teknologi khususnya digitalisasi. Terutama bagi para pelaku UMKM lokal yang pengembangan usahanya belum terhubung dengan digital atau online. Sedangkan yang sudah (terhubung dengan digital), Ninja Xpress ingin membantu untuk menjadi lebih baik,” tutup Andi.

MARKETEERS X








To Top