Beri Kesempatan Menulis, Twitter Lakukan Uji Coba Fitur Notes

profile photo reporter Adiva Maharani
AdivaMaharani
23 Juni 2022
marketeers article
Notes, Fitur Baru Twitter (Foto: twitter/twitterwrite)
Twitter telah mengumumkan bahwa mereka telah mulai menguji fitur terbarunya yang dinamakan Notes. Fitur ini hadir sebagai suatu cara baru untuk menulis dan mempublikasikan konten dengan durasi panjang di platform media sosial. 
Melihat platform media sosial yang biasanya membatasi unggahan hingga 280 karakter, hal ini menjadi sebuah peluang bagi Twitter. Kehadiran fitur baru tersebut menjadi tanggapan atas kebutuhan pengguna saat ingin mengunggah konten yang lebih panjang untuk mengarahkan pengikut mereka ke buletin luar.
“Sejak hari-hari awal perusahaan, penulis bergantung pada Twitter untuk membagikan karya mereka, diperhatikan, dibaca, membuat percakapan semuanya kecuali tulisan yang sebenarnya. Dengan Notes, tujuannya adalah untuk mengisi bagian yang hilang itu,” tulis perusahaan dikutip dari BBC.
Dengan fitur baru, pengguna akan dapat membuat artikel menggunakan rich formatting dan media yang diunggah. Kemudian, hasilnya dapat ditulis menjadi tweet dan dibagikan dengan pengikut setelah dipublikasikan. 
Selain itu, pengguna akan memiliki opsi untuk menyematkan foto, video, GIF, dan tweet ke dalam Notes mereka. Seperti tweet, Notes akan memiliki tautannya sendiri dan dapat di-tweet, di-retweet, dikirim dalam Direct Message, disukai, hingga di-bookmark.
Fitur baru ini bertujuan untuk menjaga masyarakat tetap berada di ekosistem Twitter. Melalui judul utama yang ditampilkan pada tweet, pengguna langsung dapat mengakses catatan yang lebih panjang dengan mengeklik tautan. Notes akan memudahkan pengguna untuk mempublikasikan konten sepanjang artikel karena tidak ingin membuat blog mereka sendiri.
Laura Toogood, Social Media Expert dan Founder Fieldmaster Group mengatakan, uji coba Notes menjadi langkah signifikan bagi Twitter. Kehadiran fitur tersebut akan mendorong masyarakat untuk tetap berada di dalam platform itu sendiri, daripada menautkan ke situs web lain yang dapat menampung konten yang lebih panjang.
“Menambahkan kemampuan ekstra ini berarti bahwa Twitter sekarang berada dalam posisi untuk bersaing dengan beberapa platform blogging populer dan berpotensi menarik audiens baru dan tipe pengguna yang berbeda,” ujar Toogood.
Pada pengujian awal ini, sejumlah kelompok penulis di Amerika Serikat, Kanada, Ghana, dan Inggris Raya akan berpartisipasi. Pengguna yang menjadi bagian dari fase pengujian juga akan mendapatkan akses ke tab “Write” baru, yang mana mereka dapat menulis dan mengakses semua Notes mereka. 
Editor: Ranto Rajagukguk

Related