Consumer Goods

Berkah Pandemi, PT Tiga Ikhwan Medikal Catatkan Penjualan Lebih dari Rp 100 Miliar

Foto: Tiga Ikhwan Medikal

Perusahaan manufaktur alat kesehatan, PT Tiga Ikhwan Medikal mencatatkan penjualan dengan hasil yang gemilang selama pandemi COVID-19. Produk yang berkontribusi besar di balik naiknya performa penjualan perusahaan adalah masker iMed yang terbagi dalam tiga jenis, yakni masker KN 95, masker KN 95 anak, dan masker 3ply.

“Pandemi membuat perusahaan kami semakin bertumbuh. Kami memproduksi satu juta masker per bulan untuk setiap jenis masker. Segmen kami paling besar saat ini adalah profesional medis dan digunakan oleh kementrian serta dinas kesehatan, serta rumah sakti daerah dan swasta,” ujar CEO PT Tiga Ikhwan Medikal Beny Ahmad.

Ketiga produk masker iMed memiliki sumbangsih besar terhadap tingginya angka penjualan perusahaan. Seperti masker KN95 yang berhasil mencatatkan angka penjualan Rp 108 miliar pada tahun 2020. Catatan penjualan yang tinggi turut diikuti oleh makser KN95 anak dan masker 3ply yang masing-masing sebesar Rp 95 miliar dan Rp 120 miliar.

Di balik tingginya angka penjualan, Sales Manager PT Tiga Ikhwan Medikal Ayip Rosidi, mengatakan bahwa produk mereka sudah mendapat sertifikat dari Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT), memiliki tingkat filtrasi bacterial filtration efficiency (BFE) mencapai 99,99%. Dan, masker ini sudah memiliki sertifikasi halal serta telah mengimplementasikan ISO 9901 dan ISO kesehatan 13485.

“KN 95 juga sudah mendapat izin edar dari kementerian kesehatan dan mengunakan bahan baku meltblownd sesuai dengan sertifikasi Nios USA. Selain itu, produk kami memiliki Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) mencapai 95%, karena vendor kami berada dari Surabaya dan Jepara,” tambah Ayip.

Melihat permintaan retail yang tinggi, melalui keterangan resminya PT Tiga Ikhwan Medikal membeberkan bahwa akan menggandeng PT Tiga Raksa Satria Tbk. Kolaborasi ini juga ditujukan untuk membuat produk yang lebih inovatif dari segi corak variasi dan corak warna dengan tetap memperhatikan kualitas.

“Masker 3iMed dijual di pasaran dengan harga eceran tertinggi Rp 9.000 dan harga eceran terendah Rp 7.000. Produk ini bisa didapatkan di apotek kota-kota besar Indonesia, karena telah didistribusikan PT Tiga Raksa Satria Tbk melalui anak perusahaan mereka PT Sinbad Karya Perdagangan,” tutup Beny.

MARKETEERS X








To Top