Lifestyle & Entertainment

Berkat Kanal Digital, Brand Lokal Ini Jual Lima Ribu Produk per Bulan

Photo Credits: Polla Polly

Kondisi pandemi COVID-19 tak selalu berdampak negatif bagi bisnis. Polla Polly, brand sandal dan sepatu lokal berhasil memanfaatkan kanal digital guna mendongkrak penjualan di kala pandemi. Polla Polly mengaku, berhasil menjual tiga ribu hingga lima ribu produk dalam sebulan.

“Meski penjualan di Department Store cenderung menurun di masa pandemi, namun angka penjualan secara daring cenderung tidak terpengaruh sama sekali. Dalam sebulan, penjualan melalui kanal daring kami bisa menjual tiga ribu hingga lima ribu pasang sepatu, atau lebih dari 50 ribu pasang sepatu dalam setahun. Hal ini karena pelanggan bisa membeli produk kami dari rumah saja,” kata Erna Chan, Desainer sekaligus Pendiri Polla Polly kepada Marketeers, Senin (03/08/2020).

Melihat kemapanan angka penjualan daring sejak Juni 2020, Polla Polly memberanikan diri memperluas cakupan penjualan ke tingkat regional.

Polla Polly aktif bekerja sama dengan berbagai platform e-Commerce, mulai dari Lazada, Zalora, Tokopedia, dan Shopee. Erna mengaku, penjualan terbesar datang dari Shopee. Alhasil, mereka pun memberanikan diri membuka jaringan penjualan ke Singapura, negeri asal Shopee. Untuk memperluas cakupan market regional, Polla Polly juga menjangkau wilayah Malaysia.

Menilik profil pelanggan terbesar mereka, Erna mengaku para pelanggan didominasi oleh perempuan berusia muda. Mayoritas pelanggan berstatus sebagai mahasiswi dan pekerja yang ingin tetap tampil modis.

“Pola desain sepatu yang dijual daring pun didominasi oleh warna-warna yang lebih playful dan unik, berbeda dengan produk di Department Store yang secara umum bercorak basic, sesuai selera pembeli yang lebih dewasa,” imbuh Erna.

Photo Credits: Polla Polly

Guna memperkuat eksistensi brand, Erna menciptakan diferensiasi pada produk-produk Polla Polly. Bukan hanya aspek estetika rancangan, produk Polla Polly turut mengedepankan aspek kenyamanan.

“Bagi saya kenyamanan sepatu jadi nomor satu. Bahkan, menjadi faktor utama yang membedakan kami dari produk-produk serupa,” ujar Erna. Kini, Polla Polly mengembangkan portofolio produk dengan menghadirkan ragam ras, aksesori, dan sandal untuk kaum Hawa.

Soal startegi marketing, Polla Polly menggandeng Ilustrator Lanang Putro untuk berkolaborasi. Melalui kolaborasi yang memanfaatkan kanal digital ini, Polla Polly memperkenalkan karya putra-putri daerah ke pentas nasional dan juga regional di momen Hari Kemerdekaan, Agustus ini.

“Karya pelaku seni di Indonesia sangat menarik dan sangat layak mendapatkan wadah untuk disalurkan ke masyarakat luas. Desain Lanang Putro untuk Polla Polly akan membawa tema Best Friend yang menampilkan ilustrasi figur-figur yang bersahabat dengan hewan dan alam sekitar dalam warna-warna segar,” tutup Erna.

MARKETEERS X








To Top