Digital

Besarnya Potensi Esports Indonesia Untuk Brand Berinvestasi

Dalam beberapa tahun belakangan, gaming dan esports di global dan Asia tumbuh dengan pesat. Indonesia merupakan negara Asia Tenggara dengan pasar game yang potensial. Berdasarkan data yang dihimpun dari Newzoo, Indonesia menempati peringkat ke-17 untuk pendapatan dari industri gim dengan nilai US$ 1,084 juta pada Januari 2019.

Di Indonesia sendiri esports semakin menjadi tren sejak terpilih menjadi cabang olahraga resmi di Asian Games 2018. Dukungan dari pemerintah seperti Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora), Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) serta Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) turut andil dalam perkembangannya.

Bertambahnya jumlah pengguna internet dan mobile internet menjadi salah satu alasan mengapa industri esports di Indonesia akan terus bertumbuh ke depannya. Selain itu, alasan lain industri ini masih akan berkembang di Indonesia adalah karena hardware smartphone yang semakin mumpuni dan akses internet yang meluas. Berdasarkan data temuan Indonesia Esports Premier League (IESPL), terdapat 62,1 juta orang yang aktif bermain gim di dalam negeri.

Esports telah menarik banyak sekali penonton muda. Tidak hanya para pemainnya tetapi juga pasarnya. Data dari NewZoo tahun 2020 menyatakan pelaku esports di Indonesia didominasi oleh fans berumur 21-35 tahun (51,5%) dengan persentase pria (56,6%) dan wanita (43,4%). Tak hanya itu, industri ini juga memiliki ekosistem yang luas seperti tim, event, fans, game developer, publisher dan lainnya.

Fenomena menonton orang bermain game juga berkembang pada masa ini. Penyedia jasa stream seperti Twitch dan YouTube semakin mendorong para gamers untuk menonton pertandingan esports dan juga menonton orang lain bermain game. Berbeda dengan pasar Global, Indonesia memilih YouTube (84%) sebagai platform untuk menonton esports.

Perkembangan esports di Indonesia dari berbagai aspek, menunjukkan bahwa betapa besar potensi dalam industri ini yang dapat dimanfaatkan oleh pelaku bisnis. Namun apakah mereka menyadarinya? Join webinar gratis dengan tema ‘Leverage Esports to Grow Your Business’ pada tanggal 28 April 2021. Klik https://bit.ly/2QcBYWU untuk melakukan pendaftaran sekarang. (ADV)

MARKETEERS X








To Top