Bikin Geleng-Geleng, Ini Rekor Erik Ten Hag Bersama Manchester United

marketeers article
Bikin Geleng-geleng, Ini Rekor Erik Ten Hag Bersama Manchester United. (Twitter/@eriktenhagfans)

Erik ten Hag, mantan pemain dan pelatih sepak bola Belanda, telah mencatatkan sejarah dalam karirnya. Sebagai pelatih, prestasinya terutama dikenal saat membawa AFC Ajax meraih gelar Liga Belanda sebanyak tiga kali dan mencapai semifinal Liga Champions UEFA pada musim 2018–2019.

Namun, pada tahun 2022, dia mengambil langkah besar dengan menjadi manajer tim di Liga Utama Inggris, bersama Manchester United. Erik Ten Hag bukanlah sosok yang hanya hadir begitu saja di Manchester United. 

Dia telah mengukir berbagai rekor yang mencengangkan sejak bergabung dengan klub tersebut. Pertama, dia menjadi pelatih pertama yang menyaksikan Manchester United kalah sebanyak 13 kali dalam satu musim Premier League. 

Hal ini mengakhiri rekor tidak terkalahkan mereka selama 13 pertandingan menjelang Natal sejak tahun 1930. Ten Hag juga menjadi alasan bagi Manchester United mencatatkan rekor kekalahan berturut-turut dari West Ham sejak 2007. 

Selain itu, Ten Hag membuat sejarah dengan kebobolan 20 gol dari Liverpool/Man City dalam tujuh pertandingan pertama melawan mereka, sesuatu yang tidak terjadi sejak Alfred Albut pada tahun 1800-an.

BACA JUGA: Arsenal Bantai Sheffield United 6-0, Sejarah Baru Tercipta

Dia juga menjadi penyebab dari rekor kekalahan dan kegagalan Manchester United dalam berbagai aspek kompetisi, seperti tidak pernah kalah 12 kali dari 23 pertandingan pembuka musim, atau belum pernah menempati posisi terbawah grup Champions League mereka sejak 2006.

Namun, prestasi Ten Hag tidak hanya terbatas pada catatan negatif Manchester United. Dia juga berhasil mematahkan sejumlah rekor yang dimiliki oleh lawan-lawan klub tersebut. 

Contohnya, Bournemouth belum pernah menang di Old Trafford sejak 2013, hingga Ten Hag mengambil alih sebagai manajer. Sekadar informasi, Manchester United adalah salah satu klub sepak bola paling ikonik dan sukses di dunia, berbasis di Manchester, Inggris.

Didirikan pada tahun 1878 sebagai Newton Heath LYR Football Club, klub ini telah meraih lebih dari 20 gelar Liga Inggris, serta meraih sukses di tingkat Eropa dengan memenangkan Liga Champions UEFA sebanyak tiga kali.

BACA JUGA: Chelsea vs Leeds United 3-2, The Blues Menang Susah Payah

Dikenal dengan julukan “Red Devils”, klub ini memiliki basis penggemar yang besar dan setia di seluruh dunia, menjadikannya salah satu klub sepak bola terkemuka dalam dunia olahraga.

Editor: Ranto Rajagukguk

Related