Brio Virtual Drift Challenge 2, Gamification Ala Honda untuk Bangun Engagement

marketeers article

Gamification menjadi salah satu upaya merek memberikan pengalaman konsumen yang menarik. Selain itu, lewat gamification, merek bisa meningkatkan engagement dengan konsumen. Bahkan, mampu meningkatkan loyalitas konsumen padar merek.

Inilah yang dilakukan Honda Prospect Motor (HPM) dengan menggelar Brio Virtual Drift Challenge (BVDC) 2. BVDC 2 merupakan sebuah mobile game yang menantang para pemainnya untuk melakukan slalom dalam waktu tercepat.

HPM menggandeng Anantarupa Studios, developer game, dalam menggelar kegiatan ini. Game ini akan menggunakan seluruh tipe Honda Brio, termasuk tipe Honda Brio RS Urbanite pada jajaran mobil yang dapat dipilih oleh para pemain. Kali ini, BVDC 2 hadir dengan rancangan permainan yang lebih menarik secara visual dan cara bermain serta hadiah yang lebih besar.

Game ini dihadirkan untuk mempertahankan DNA sporty dari Honda dengan membawa semangat Everyone Can Race kepada lebih banyak orang di Indonesia dengan kompetisi yang lebih seru dan menantang. Kami berharap, game serta kompetisi ini juga mendapatkan antusiasme yang besar dari para gamers,”  kata Yusak Billy, Business Innovation and Sales & Marketing Director PT Honda Prospect Motor, saat konferensi pers, Kamis (07/10/2021).

Dalam game ini, para pemain akan melakukan atraksi slalom yang menampilkan visual berkualitas tinggi. Dengan menggunakan Honda Brio pilihannya, pemain akan melakukan slalom challenge. Peserta mengikuti arah panah yang akan menjadi petunjuk arah yang harus diikuti untuk melakukan atraksi slalom hingga garis finis. Pemain dapat berkesempatan untuk mendapatkan poin tambahan yang akan membantu mengurangi perolehan waktu pada akhir permainan.

BVDC 2  hadir dengan 21 trek baru yang terbagi dalam 7 latar belakang kota besar di Indonesia, di antaranya Jakarta, Bandung, Semarang, Surabaya, Makassar, Banjarmasin, dan Medan. Di setiap kota akan tampil tempat ikonik masing-masing kota tersebut, sehingga pemain akan merasakan sensasi balap yang lebih nyata.

“Di setiap kota akan terbagi menjadi tiga model slalom, yakni easy mode, medium mode dan hard mode. Ketiga model  di setiap kota harus dimainkan secara bertahap untuk dapat melanjutkan ke kota selanjutnya,” katanya.

Diana Paskarina sebagai Co-founder and COO Anantarupa Studios mengatakan melalui game ini, Anantarupa Studio dan HPM ingin memberikan pengalaman yang seru dan menantang bagi para pemain dengan menggunakan beragam model dari Honda Brio yang memiliki kemampuan kontrol serta akselerasi yang sangat handal. Brio Virtual Drift Challenge 2 dapat diunduh melalui smartphone berbasis Android melalui Google Play atau smartphone berbasis iOS melalui App Store.

“Game sendiri merupakan bentuk produk digital yang telah menjadi komoditas unggulan dengan pertumbuhan signifikan setiap tahunnya. Hal ini pun menjadi langkah yang tepat bagi kami untuk mengembangkan game sebagai sarana hiburan di era digital yang semakin berkembang saat ini,” kata Diana.

Untuk menambah keseruan dari game ini, Honda juga akan mengadakan kompetisi BVDC 2 sebanyak tujuh  seri serta  satu seri akhir. Di setiap seri, 30 peserta dengan catatan waktu tercepat terbaik akan mendapatkan merchandise menarik dari Honda dan 10 peserta teratas akan mendapatkan uang tunai dengan total hadiah sebesar 75 juta Rupiah. Kompetisi ini akan berlangsung dari periode 21 Oktober 2021 – 7 Maret 2022.

“Selama tahun 2021, Honda secara konsisten menyelenggarakan aktivitas yang memanfaatkan platform digital seperti Honda City Hatch Art dan Honda Racing Simulator Championship yang sedang berlangsung,” pungkas Yusak.

    Related