Buah Manis Branding Motul di Ajang Balap WSBK dan MotoGP

marketeers article
Branding Motul di MotoGP (Foto: MotoGP)

Merek pelumas kendaraan asal Prancis, Motul gencar menjadikan arena balap, seperti WSBK dan MotoGP sebagai destinasi mereka melakukan branding. Motul pun menjadi pelumas resmi beberapa tim kuat di MotoGP, salah satunya tim Prima Pramac Racing.

Tak sekadar “asal keren”, strategi ini membuat value-value di dalam dunia balap kian terasosiasi dengan Motul, seperti soal kecepatan, performa, hingga ketahanan. 

Eksistensi Motul di dunia balap ini pula yang mendongkrak popularitas Motul di Indonesia, bahkan menjadi pelumas sepeda motor untuk kebutuhan sehari-hari. 

Upaya yang dilakukan oleh Motul melalui PT Motul Indonesia Energy (MIE) di Indonesia ini pun berbuah penghargaan. “Untuk keempat kali secara beruntun Motul meraih Brand Choice Award, termasuk tahun 2024 untuk kategori oli motor,” kata Lutfi Ilhamy, Managing Director PT Motul Indonesia Energy (MIE) dalam laporan tertulisnya. 

BACA JUGA: Pembalap HRC Sambut Baik Kolaborasi dengan Motul

Lutfi menyebut, capaian ini membuktikan kualitas premium yang ditawarkan Motul memang sesuai dengan kebutuhan pengguna kendaraan bermotor di Indonesia

Tak sekadar memberikan sponsorship, strategi branding ini juga berlanjut dengan strategi community marketing. Motul kerap mengelola komunitas para pecinta dunia balap ini lewat sejumlah program komunitisasi.

Misalnya pada akhir tahun lalu, Motul menggelar The Ultimate Ride yang untuk pertama kalinya mendatangkan 4 pembalap HRC di WorldSBK dan MXGP untuk Riding dan Meet & Greet.

BACA JUGA: Motul Bangun Hubungan dengan Komunitas lewat Pembalap HRC

“Bersama ratusan komunitas Honda di Jakarta, kami memberikan sebuah pengalaman yang tak terlupakan untuk para fans HRC dan juga Motul,” kata Luthfi dalam kesempatan terpisah.

Di dalam komunikasinya, Motul memposisikan diri sebagai pelumas untuk segala jenis motor, mulai dari jenis motor harian hingga untuk kebutuhan balap. 

Pengalaman panjang Motul di dunia balap, diaplikasikan untuk memenuhi tantangan berkendara harian seperti perlindungan mesin maksimal dalam suhu panas dan situasi kemacetan. Alhasil, rangkaian pelumas motor matic Motul diterima dengan baik di pasar Tanah Air. 

“Penerimaan positif konsumen terhadap Scooter Series Motul seperti Motul Scooter LE, Scooter Expert LE, dan Scooter Power LE juga dikarenakan pangsa pasar sepeda motor di Indonesia yang saat ini didominasi oleh motor skuter matik,” tutup Lutfi.

Related