Buat Hidup Lebih Teratur dengan Tentukan Prioritas seperti Haechan NCT

marketeers article
Haechan NCT (Foto: X)

Setiap orang pasti dihadapkan dengan berbagai kesibukan dalam kesehariannya, tak terkecuali Haechan NCT. Karena itulah, idol K-Pop tersebut menerapkan pola pikir tentang seberapa pentingnya menentukan prioritas agar hidupnya menjadi lebih teratur.

Kepada STAR1, laki-laki kelahiran 2000 itu mengungkapkan pola pikirnya turut berubah seiring bertambahnya usia dan makin lama berada di industri hiburan. Ia jadi lebih tahu pasti, apa yang perlu diprioritaskan dan bagaimana akan terus belajar.

“Pola pikirku sekarang berbeda dari saat pertama kali debut. Sekarang, aku sudah tahu pasti apa yang jadi prioritasku dan mana yang seharusnya didahulukan,” katanya dalam sebuah wawancara ketika menjadi cover majalah STAR1 edisi Juni 2022. 

BACA JUGA: Bikin Hidup Lebih Positif dengan Pola Pikir ‘Lucky Vicky’ ala Wonyoung IVE

Menentukan skala prioritas memang dapat membuat hidup jadi lebih teratur. Psychology Today bahkan menyebut kemampuan memahami prioritas dan mengatur waktu termasuk keterampilan psikologis dan kognitif yang penting.

Karena itu, sangat penting bagi untuk memahami bagaimana menentukan prioritas yang sesuai dengan tujuan pribadi. Melansir laman Indeed, berikut sejumlah cara untuk menentukan skala prioritas:

Buat Daftar Tugas

Langkah pertama adalah menuliskan daftar tugas apa saja yang harus dikerjakan dalam waktu dekat. Dengan menuliskan tugas di selembar kertas atau ponsel, Anda akan mengetahui mana pekerjaan yang harus dilakukan terlebih dahulu.

BACA JUGA: 7 Cara Bangun Pagi, Kebiasaan Positif yang Bisa Mengubah Hidup Anda!

Beri ‘Peringkat’ pada Tugas

Dari daftar tugas yang telah dibuat, utamakan pekerjaan yang lebih penting. Dalam artian, tugas tersebut sejalan dengan tujuan yang ingin Anda capai. Pertimbangkan dengan baik berdasarkan tingkat kepentingan dan tenggat waktunya.

Buat Target Waktu

Lalu, tulis perkiraan waktu yang perlu dialokasikan untuk mengerjakan setiap tugas dan jadikan itu sebagai target. Perkiraan ini harus dibuat realistis, bisa berdasarkan pengalaman Anda atau pengalaman orang lain.

Tetap Komitmen

Setelah membuat daftar sedemikian rupa, Anda harus menjaga komitmen dan kedisiplinan agar tugas tersebut tereksekusi dengan baik. Tanpa sikap ini, maka daftar tugas yang sudah Anda buat akan menjadi sia-sia.

Itulah beberapa cara menentukan prioritas agar hidup menjadi lebih teratur seperti yang diterapkan Haechan NCT. Semoga bermanfaat!

Editor: Ranto Rajagukguk

Related