Transportation & Logistic

Buka Tahun, BMW Indonesia Perkenalkan Tiga BMW Seri X

Sumber: BMW

Industri otomotif merupakan salah satu industri yang terdampak oleh pandemi. Angka penjualan kendaraan sempat menurun drastis sejak paruh awal hingga pertengahan tahun lalu. Meski begitu, inovasi nyata dinilai menjadi solusi efektif dalam menangani penurunan penjualan, khususnya dalam menstimulasi pasar. Mulai dari inovasi produk dan teknologi baru, penetrasi kanal penjualan, hingga program perawatan kendaraan di rumah.

Memasuki awal tahun 2021, pabrikan mobil mewah BMW berupaya bersikap positif. Tahun lalu, BMW memang sempat membuat geger dengan menjadi merek mobil pertama yang membuka toko resmi di e-commerce. Hasilnya, BMW berhasil meningkatkan brand equity mereka.

Merek ini juga berhasil meluncurkan jejeran mobil seri baru. Kini, sikap positif BMW pun ditunjukkan dengan peluncuran tiga kendaraan dari seri BMW X terbaru, yaitu New BMW X1 sDrive18i, New BMW X3 sDrive20i, dan New BMW X5 xDrive40i xLine.

“Tahun lalu strategi kami terbukti berhasil menaklukkan pasar. Pada awal tahun ini, kami bersikap positif dengan memperkenalan produk baru sekaligus kampanye komunikasi untuk menjaga awareness dan relevansi merek,” kata Ramesh Divyanathan, President Director BMW Group Indonesia.

New BMW X1 (Sumber: BMW)

Pemilihan BMW seri X sebagai model pertama yang diluncurkan pada tahun ini adalah langkah BMW dalam memperkuat posisinya di segmen Sport Activity Vehicle (SAV) Premium. Mobil dengan model ini juga digadang-gadang akan menjadi tren kendaraan karena sifatnya yang serbaguna dan nyaman untuk pengendara.

“Tentunya pemilihan model ini berdasarkan pada permintaan konsumen mobil SAV Premium di Indonesia yang cukup tinggi. BMW berharap dapat memenuhi kebutuhan konsumen dan menjadi brand dengan produk yang relevan,” tambah Ramesh.

Bintang pada peluncuran di awal tahun ini adalah New BMW X1 sDrive18i. BMW menamakan model ini sebagai Si Pemberani (The Courageous). model ini menawarkan kendaraan kompak premium yang sporty.

New BMW X1 memiliki profil eksterior dengan black-cladding dan matt silver pada bagian bawah bumper depan, colour-coded diffuser pada bagian bumper belakang, juga frame kaca dan roof rails dengan finishing satin aluminium yang membuat mobil ini terlihat gagah.

Interior New BMW X1 (Sumber: BMW)

“Model BMW 1 selalu masuk ke dalam tiga model dengan angka penjualan terbanyak. Peningkatan model ini dipastikan akan mempertahankan posisinya sebagai ‘tulang punggung’ BMW,” kata Ramesh.

Di sisi dalam, New BMW X1 mengalami upgrade pada ruang kabin yang lebih luas dan fitur-fitur yang didesain lebih canggih. “BMW berani menyatakan bahwa mobil ini adalah satu-satunya Sport Activity Vehicle otentik di segmen kompak premium,” klaim Ramesh.

New BMW X1 ditenagai oleh mesin bensin BMW TwinPower turbo 1,5 liter, tiga silinder yang menghasilkan daya maksimum 140 hp pada 4400 rpm dan torsi maksimim hingga 220 Nm pada 1.250 rpm. Tenaga yang dkirim ke roda depan melalui transmisi baru dual-clutch 7-percepatan memungkinkan transisi yang presisi dan konsumsi bahan bakar yang lebih efisien.

Interior New BMW X1 (Sumber: BMW)

Kendaraan ini memiliki konsumsi bahan bakar kombinasi rata-rata 13,7 km/l dan emisi CO2 kombinasi rata-rata 141g/km dalam tes kecepatan pada 0-100km/jam.

Lebih lanjut, Ramesh mengungkapkan bahwa ketiga produk baru BMW dirakit secara lokal di BMW Production Network 2, Gaya Motor, Sunter, Jakarta. Hal ini menyusul komitmen BMW untuk memperkuat pasar otomotif Indonesia, terutama mobil mewah dan segmented.

“Hingga saat ini, BMW masih belum bisa mengungkapkan hasil penjualan tahun lalu karena masih dalam proses penyusunan. Ke depannya, sikap positif akan terus ditunjukkan sehingga kami bisa terus memperkenalkan produk dan teknologi inovatif serta menciptakan pengalaman sheer driving pleasure khas BMW kepada sebanyak-banyaknya konsumen di Indonesia,” tutup Ramesh.

Editor: Muhammad Perkasa Al Hafiz

MARKETEERS X








To Top