Digital

Bukan Hacker, Ini Alasan Layanan Google Down

SUMBER: GOOGLE

Pengguna berbagai layanan Google di seluruh dunia geger, Senin malam (14/12/2020). Pasalnya, semua akses ke Google terhenti seperti YouTube, Gmail, Google Drive, Android Play Store, Maps, dan lainnya. Kejadian ini merupakan hal yang sangat jarang terjadi pada perusahaan Teknologi tersebut.

Meski mengalami gangguan pada banyak layanannya, mesin pencari Google tampaknya tidak terpengaruh masalah tersebut. Google menjelaskan bahwa persoalan tersebut hadir pada sistem otentikasi mereka yang digunakan untuk log-in dan berbagai fungsi serupa.

Lebih lanjut, Google mengklaim bahwa permasalahan tersebut hanya bertahan sekitar 45 menit. Para pengguna sebenarnya masih dapat mengakses situs web dalam mode incognito yang tidak menyimpan aktivitas pada browser pengguna.

“Semua layanan telah pulih kembali. Kami meminta maaf kepada semua yang terdampak. Dan, kami akan terus melakukan review untuk memastikan permasalahan ini tidak terulang ke depannya,” tulis perwakilan Google dalam pernyataannya.

Senin malam, pengguna Google dari seluruh dunia mengeluhkan layanan Google yang offline. Dalam waktu singkat, Google dan YouTubeDown bahkan menempati posisi teratas trending topic di Twitter.

Editor: Ramadhan Triwijanarko

MARKETEERS X








To Top