Digital

Campaign.com Bidik Peningkatan Program CSR

Sumber: Campaign.com

Investasi dengan dampak sosial berkelanjutan (impact investment) semakin diminati investor. Angel Investment Network Indonesia (ANGIN) dalam laporannya pada Oktober 2020 menyebutkan bahwa ekosistem investasi berdampak di Indonesia berhasil meraih partisipasi 66 impact investor.

Lebih lanjut, laporan ini juga mencatat ada 62,6% dari 107 investor konvensional mulai melirik skema investasi ini. “Investasi berdampak berusaha menghasilkan dampak positif secara sosial dan lingkungan yang terukur, serta tetap memberikan keuntungan finansial pada perusahaan,” kata William Gondokusumo, Fouder & CEO Campaign.com.

Meskipun memiliki potensi yang bagus, nyatanya skema ini masih mengalami tantangan. Misalnya, mengukur dampak yang dihasilkan, pembentukan jejaring penyelenggara, dan menentukan penerima manfaat. Di sinilah, William dan aplikasinya, Campaign.com bergerak. Teknologi digital yang ditawarkan aplikasi ini menawarkan layanan yang bisa mengakomodasi kebutuhan pemberi modal untuk menciptakan dampak sosial yang mudah, efektif, dan terukur.

“Melalui aplikasi Campaign #ForChange, kami menawarkan konsep sponsor yang memungkinkan lebih banyak organisasi untuk memberikan dampak baik pada lingkungan sosial di sekitar mereka,” tambahnya.

William melanjutkan, aplikasinya mendukung program sosial dan corporate social responsibility dengan lebih terpersonalisasi. Campign #ForChange memungkinkan perusahaan untuk memilih penyelenggara atau organizer-nya dan jenis kampanye sosial yang sesuai dengan misi perusahaan.

Sistem sponsor yang ditawarkan oleh Campaign #ForChange pun terbilang unik. Total dari donasi yang diberikan oleh sponsor atau perusahaa, 95% akan disalurkan untuk mendukung kampanye sosial oleh penyelenggara. Donasi juga bisa dicairkan jika penyelenggara berhasil menyelesaikan sejumlah tantangan sosial (challenge)

“Artinya, kami mendorong keterlibatan seluruh pihak untuk menciptakan dampak sosial yang lebih besar bagi penerima manfaat. Dalam proses sponsor pun kami menekankan transparansi penggunaan donasi baik dari sisi internal maupun penyelenggara kampanye sosial,” kata William.

Sejak beroperasi pada tahun 2018, Campaign #ForChange telah berhasil mengumpulkan lebih dari 192.000 aksi dari para pendukung kegiatan sosial. Ada 265 penyelenggara kampanye yang bergabung dan jumlah donasi sebesar Rp 1,23 miliar dari para sponsor.

“Kami bekerja sama dengan Yayasan Dunia Lebih Baik (YDLB) sebagai penyalur donasi dan aksi yang terkumpul. Untuk itu, Campaign.com mengundang lebih banyak perusahaan untuk memanfaatkan teknologi dalam penciptaan dampak baik sosial dan lingkungan yang lebih luas,” tutup William.

Editor: Sigit Kurniawan

MARKETEERS X








To Top