Cantik Tanpa Modal dengan Air Beras, Ini 5 Manfaatnya untuk Wajah

marketeers article
Ilustrasi air beras yang bermnafaat untuk kecantikan wajah (Foto: 123rf)

Siapa yang enggan punya kulit wajah mulus dan bening bak bintang Korea di layar kaca? Kabar baiknya, tak perlu merogoh kocek fantastis untuk mendapat penampilan yang demikian. 

Anda bisa tampil cantik tanpa modal hanya dengan menggunakan air beras, lo! Manfaat air beras untuk wajah memang tidak bisa disepelekan. 

Sebab, air beras kaya akan kandungan gamma-oryzanol yang diketahui mampu melindungi kulit dari kerusakan akibat paparan sinar UV. Karena itulah, tidak mengherankan bila air beras banyak dijadikan bahan dasar kosmetik. 

Selain itu, air cucian beras juga masih memiliki segudang manfaat lain untuk wajah. Berikut ulasannya yang dirangkum dari Alodokter:

Mencerahkan Wajah

Kandungan gamma-oryzanol dalam air cucian beras juga mampu membuat kulit tampak lebih cerah. Bukan cuma itu, air beras bisa digunakan untuk menghilangkan bintik hitam di wajah karena juga mengandung vitamin E. 

BACA JUGA: Rahasia Tetap Cantik saat Panas Ekstrem: Pilih Sunscreen yang Tepat!

Kandungan vitamin E dalam air beras diyakini mampu memudarkan pigmentasi pada kulit. Kendati demikian, efektivitasnya masih perlu diteliti lebih lanjut.

Mencegah Penuaan Dini

Selain memudarkan bintik hitam, vitamin E dalam air beras juga mampu menghambat proses penuaan dini. Karena itulah, mencuci wajah menggunakan air beras diyakini dapat mencegah munculnya tanda-tanda penuaan.

Sebuah studi bahkan menyebut kandungan antioksidan yang tinggi dalam air beras dapat menghambat aktivitas elastase, yakni salah satu enzim yang berpotensi merusak elastisitas kulit. Ini berarti, penggunaan air beras untuk wajah mampu mempertahankan elastisitas kulit serta memperlambat tanda-tanda penuaan.

Tidak hanya itu, air cucian beras juga mampu meningkatkan produksi kolagen pada kulit. Dengan demikian, kulit wajah bisa lebih kencang dan terbebas dari kerutan.

Mengatasi Paparan Sinar UV 

Sebagaimana disinggung di awal, air cucian beras bisa melindungi kulit dari kerusakan akibat paparan sinar UV. Hal ini karena di dalamnya terdapat kandungan gamma-oryzanol dan senyawa alami tertentu yang umumnya ditemukan pada sunscreen atau tabir surya.

BACA JUGA: Produk Sunscreen SPF Palsu Viral di Medsos, Ini Kata Dokter Estetika

Mengatasi Jerawat

Pati yang terdapat dalam air beras diyakini mampu mengatasi jerawat. Selain itu, juga bermanfaat sebagai obat alami untuk mengatasi eksim atopik. 

Memperbaiki Skin Barrier

Kandungan pati dalam air beras juga mampu memperbaiki skin barrier atau penghalang alami. Ini merupakan lapisan yang membantu melindungi kulit dari paparan radikal bebas yang boleh jadi menyebabkan kerusakan kulit. 

Itulah sedikitnya lima manfaat air cucian beras bagi kecantikan. Kalau Anda berminat memakai bahan ini untuk perawatan wajah, caranya cukup mudah. 

Salah satu caranya, rendam beras yang sebelumnya sudah dicuci bersih selama 30 menit. Saring air bekas cucian itu ke dalam mangkuk bersih, kemudian oleskan pada wajah. Cukup sederhana, bukan?

Editor: Ranto Rajagukguk

Related