Lifestyle & Entertainment

Capaian Chilibeli Selama Satu Tahun Berdiri

Startup Chilibeli merayakan hari jadinya yang pertama pada bulan Juli 2020. Sejak hadir setahun lalu, Chilibeli konsisten membangun kemampuan sosialisasi dengan kalangan ibu rumah tangga (IRT). Lewat konsep pemberdayaan jaringan sosial berbasis komunitas IRT, Alex Feng, Damon Yue, dan Matt Li sebagai founder membuka kesempatan bagi para IRT utnuk menjadi micropreneur di lingkungan sekitarnya.

“Setahun lalu, Chilibeli hadir dan mendapatkan sambutan meriah, terutama di Jakarta, Depok, Tangerang, Bekasi, dan Surabaya. Terbukti, aplikasi ini bisa menjadi kanal untuk memberdayakan perempuan Indonesia,” kata Alex Feng, Co-Founder & CEO Chilibeli.

Selama setahun, Chilibeli telah melakukan serangkaian strategi untuk meningkatkan bisnisnya sekaligus meningkatkan kualitas hidup perempuan Indonesia. Di antaranya adalah menggunakan gudang logistik berbasis teknologi, meluaskan pasar ke Surabaya, dan berkolaborasi dengan e-commerce lewat pembukaan gerai resmi di LazMall.

“Pertumbuhan ini tidak lepas dari peran mitra. Mitra Chilimart dan konsumen yang menjadi tulang punggung startup ini. Ke depannya akan ada pengembangan fasilitas logistik agar Chilibeli tetap bisa menghadirkan produk segar dengan proses distribusi yang logistik,” tambah Damon Yue, Co-Founder dan COO Chilibeli.

Menyambut usia barunya, Chilibeli kemudian merayakan lewat Chil1vesary. Perayaan ini berbarengan dengan kampanye apresiasi Mitra & Sahabat yang mengangkat tema Our 1 Year Journey. Lewat perayaan ini, Chilibeli mengajak semua mitra dan konsumennya untuk saling memberikan apresiasi.

Kampanye ini menerapkan sistem kupon setiap terjadi transaksi. Mitra dapat mendapatkan 1 kupon ketika total belanjaan bulanan mencapai Rp 5 juta, sementara Mitra Chilimart harus mencapai total belanjaan Rp 7,5 juta selama periode kampanye. Nantinya, kupon ini digunakan untuk melakukan undian digital di platform Chilibeli.

Menurut Matt Li, Co-Founder dan CPO Chilibeli, program apresiasi ini sebagai bentuk penghargaan Chilibeli terhadap pihak-pihak yang mendukung. Bagaimanapun, tanpa adanya individu yang berperan sebagai mitra dan konsumen, bisnis Chilibeli tidak akan bisa bertahan.

“Kami hadir sebagai solusi peningkatan kualitas hidup dengan mendorong para perempuan agar tetap mendapatkan penghasilan meskipun di rumah saja. Para mitra, sahabat, warung, hingga konsumen juga menjadi tenaga kami untuk terus menghadirkan solusi ini. Program ini jadi bukti bahwa kam mengapresiasi keterlibatan mereka dalam bisnis,” kata Matt.

Ke depannya, Chilibeli akan fokus pada peningkatan mutu UI dan UX. Sehingga, platformnya akan lebih cerdas, komprehensif, dan konsumen-sentrik.

“Target kami, platform Chilibeli akan menjadi andalan konsumen dalam berbelanja bahan pangan pokok dan meningkatkan pendapatan mitra dan warung,” tutup Matt.

Editor: Ramadhan Triwijanarko

MARKETEERS X








To Top