Digital

Cara Google Penuhi Kebutuhan Dunia Pendidikan

SUMBER: GOOGLE

Google mencatat lebih dari 170 juta pelajar dan pengajar di seluruh dunia memanfaatkan produknya sepanjang tahun 2020. Hal tersebut merupakan pengaruh dari adaptasi cara baru bersekolah karena pandemi mengharuskan pelajar dan pengajar berkegiatan dari rumah.

Produk seperti Google Meet, Google Classroom, hingga Spreadsheet merupakan sejumlah produk yang tentunya tidak asing digunakan di dunia pendidikan dalam setahun terakhir. Semua produk itu terangkum dalam G Suite for Education yang kini telah diperbarui menjadi Google Workspace for Education.

“Kami memahami kebutuhan untuk belajar, mengajar, berkomunikasi, dan berbagi yang tersedia di satu tempat dan mudah diakses dari mana saja melalui perangkat apa saja. Google Workspace for Education akan tersedia dalam empat edisi berbeda untuk memenuhi kebutuhan dari tingkat pra TK hingga doktoral,” tulis perwakilan Google dalam rilis resmi yang dikirimkan kepada Marketeers.

Google banyak menyediakan fitur gratis dari produk-produk mereka. Dan, edisi gratis dari produk mereka tersebut akan dikumpulkan dalam Google Workspace for Education Fundamentals.

Sedangkan untuk edisi berbayar yang ditujukan bagi institusi dengan kebutuhan perlindungan keamanan yang lebih kuat serta ingin mengembangkan alat belajar-mengajar yang sudah ada. Google menyediakan Google Workspace for Education Standard, Teaching and Learning Upgrade, dan Google Workspace for Education Plus.

Ketiganya merupakan peningkatan dari semua fitur Education Fundamentals untuk memenuhi sejumlah kebutuhan yang spesifik. Misalnya, untuk Education for Standard akan ada perlindungan lebih kuat dan kontrol yang lebih lengkap pada manajemen tingkat lanjut untuk perangkat seluler. Sehingga tidak hanya nyaman, pembelajaran online juga semakin aman.

Teaching and Learning Upgrade berada di atas dari Education Fundamentals dan Education Standard. Edisi ini memungkinkan komunikasi video tingkat lanjut di Google Meet. Selain itu, ada berbagai fitur yang memperkaya pengalaman di Google Classroom serta alat untuk menjaga integritas akademis dengan fitur laporan keaslian.

Sedangkan Education Plus yang sebelumnya disebut G Suite Enterprise for Education akan meningkatkan fitur-fitur yang tersedia di tiga edisi sebelumnya. Education Plus menjadi edisi teratas yang menyediakan solusi lengkap dengan keamanan, analisis, dan kemampuan tingkat lanjut lainnya.

Education Fundamentals dan Education Plus saat ini sudah tersedia dan dapat digunakan. Namun, pengguna harus menunggu hingga 14 April mendatang untuk Education Standard dan Teaching and Learning Upgrade. Bagi institusi yang sudah membeli G Suite Enterprise for Education atu yang saat ini disebut Education Plus, pada konsol admin, Anda akan secara otomatis mendapatkan semua fitur Education Plus.

Editor: Sigit Kurniawan

MARKETEERS X








To Top