Cara Melacak Posisi Bus TransJakarta di Google Maps secara Real-Time

marketeers article
Ilustrasi melacak posisi bus TransJakarta di Google Maps (Foto: 123rf)

Ada kabar baik bagi pengguna transportasi umum di Jakarta. Kini, posisi bus TransJakarta dan mikrotrans sudah bisa dilacak secara real-time melalui aplikasi Google Maps yang terpasang di Android maupun iOS.

Sebelumnya, Google Maps hanya menampilkan jadwal bus tanpa melengkapi informasi tentang posisinya secara aktual. Namun kini, aplikasi tersebut menawarkan data yang diperbarui setiap menit hingga memberikan gambaran yang akurat tentang pergerakan bus.

Live tracking akan memberi kemudahan dan efisiensi bagi para pengguna bus di Jakarta. Fitur terbaru dari aplikasi buatan Google ini memungkinkan penumpang untuk mengetahui jadwal bus, sehingga bisa merencakan perjalanan dengan lebih baik.

BACA JUGA: Meningkatkan Brand Awareness lewat Transjakarta bersama BoostAD

Lantas, bagaimana cara menggunakan fitur terbaru ini? Berikut penjelasannya:

Cara Melacak Bus TransJakarta di Google Maps

Untuk melihat posisi terkini bus TransJakarta, pengguna cukup membuka aplikasi Google Maps dan cari halte yang ingin dituju di bilah pencarian. Setelah itu, pengguna bisa melihat nomor bus sesuai rute yang singgah di halte tujuan.

Setelah itu, pengguna tinggal memilih rute bus yang diinginkan. Nantinya, akan muncul jadwal pemberangkatan bus dengan estimasi waktu kedatangan, disertai label Live yang menandakan bahwa posisi bus dilacak secara real-time.

BACA JUGA: Google Uji Coba Tambahkan AI Generatif ke Google Maps

Kemudian, pilih salah satu dari jadwal yang tertera. Pengguna pun akan melihat deretan nama halte yang dilewati bus sesuai rutenya. Terlihat pula ikon bus yang bergerak di sepanjang garis, mengindikasikan bahwa bus sedang jalan dari satu halte ke halte selanjutnya.

Tidak hanya itu, Google Maps juga bisa memberikan opsi jika pengguna tidak tahu halte atau rute mana yang harus dinaiki. Aplikasi tersebut akan menyajikan petunjuk arah lengkap, bahkan menunjukan pilihan transportasi yang harus diambil. 

Perlu diingat, untuk menggunakan fitur live tracking ini, pastikan koneksi internet stabil agar mendapat informasi yang akurat. Pengguna juga bisa mengaktifkan notifikasi untuk menerima pemberitahuan saat bus yang ditunggu mendekat.

Related