Cara Memulai Bisnis Online untuk Pemula

profile photo reporter Ranto Rajagukguk
RantoRajagukguk
12 Juli 2022
marketeers article
Cara Memulai Bisnis Online untuk Pemula. (FOTO: 123rf)
Dalam banyak hal, internet telah menyamakan kedudukan bagi pemilik usaha kecil di mana-mana. Bisnis online relatif mudah untuk memulai, tanpa biaya seperti tuntutan bisnis konvensional. Namun, kemudahan yang relatif ini tidak berarti kamu bisa langsung masuk dan menggantung sirap.
Seperti halnya bisnis apa pun, kamu perlu membangun pijakan yang kuat untuk bisnis online kamu. Berikut ini cara memulai bisnis online dengan Langkah-langkah yang kamu butuhkan.
1. Menilai Kelayakan Ide Bisnis Baru kamu
Hanya karena lebih mudah untuk memulai bisnis online tidak berarti tidak ada biaya yang terlibat. Seperti halnya bisnis berbasis fisik, langkah pertama yang harus diambil dengan bisnis online adalah menilai kelayakan ide.
Ide bisnis paling cemerlang bisa gagal jika produk atau jasa kamu tidak memiliki pasar. Bahkan, jika kamu telah menemukan solusi untuk masalah yang mengganggu banyak orang, kamu hanya membuang uang jika masalahnya ternyata adalah masalah yang kebanyakan orang tidak cukup peduli untuk menghabiskan waktu atau uang untuk memecahkannya.
2. Kembangkan Rencana Bisnis
Setelah tahu idemu layak, saatnya untuk menyusun rencana bisnis yang komprehensif. Bahkan, jika kamu tidak berencana untuk mendapatkan dana untuk bisnis, setidaknya tidak pada awalnya. Memiliki rencana bisnis itu berharga. Karena memungkinkan kamu melihat potensi hambatan di jalan dan merencanakan pertumbuhan dan keuntungan di masa depan.
Pekerjaan yang kamu lakukan pada langkah pertama memberikan dasar yang baik untuk mengembangkan rencana bisnis. Berbagai sumber tersedia secara online untuk membantu menyusun elemen inti dari rencana yang solid.
Rencana yang efektif membantu untuk mengidentifikasi pasar lebih jauh, memperjelas tujuan, dan peta jalan pemasaran. Selain itu, dapat membantu dalam membuat jenis keputusan yang mungkin berarti perbedaan antara keberhasilan dan kegagalan.
3. Pilih Nama Bisnis
Memilih nama bisnis kamu adalah langkah penting dalam proses startup. Karena bisnis terutama akan berfungsi secara online, nama harus tersedia untuk didaftarkan sebagai nama bisnis dan dalam ruang digital.
Jika nama pilihan tidak tersedia sebagai nama domain atau nama pengguna media sosial, pertimbangkan nama yang berbeda. Selain itu, penting untuk memastikan bahwa nama dan nama domain tidak memengaruhi merek dagang terdaftar apa pun.
4. Kembangkan dan Terapkan Strategi Pemasaran
Sangat penting untuk memasarkan bisnis online saat mengerjakan setiap langkah sebelumnya. Rencana bisnis memberi kamu informasi yang dibutuhkan untuk mengembangkan strategi pemasaran yang efektif. Apa pun strategi yang kamu gunakan, penting untuk tidak berhemat dalam penerapannya.
5. Pasarkan Bisnismu
Salah satu bagian terpenting dan memakan waktu, ketika kamu memulai bisnis online, adalah pemasaran. Untungnya, internet menawarkan banyak cara untuk melakukannya dengan banyak di antaranya gratis.
-SEO — Ini berarti membuat dan mengoptimalkan situs, halaman, dan konten sehingga berkinerja baik di mesin pencari. Melakukannya meningkatkan peluangmu untuk mendapatkan lalu lintas organik secara gratis.
-Pemasaran email — Salah satu hal terpenting bagi pemilik situs web mana pun adalah membuat buletin email. Ini adalah bentuk pemasaran dengan ROI tertinggi. Ini juga membantu menciptakan hubungan pribadi dengan audiens.
-Media sosial — Platform sosial telah menjadi mesin pencari alternatif dengan miliaran pengguna. Hampir semuanya gratis untuk digunakan.
-Pemasaran konten — Bentuk pemasaran paling sukses dalam beberapa tahun terakhir adalah tentang membuat dan mendistribusikan konten yang bermanfaat untuk menarik anggota audiens.
-Iklan berbayar — Tentu saja, jika memiliki uang, kamu juga dapat menggunakan bentuk pemasaran berbayar. Ini termasuk iklan di mesin pencari, jaringan sosial, dan jaringan tampilan. Namun, masing-masing membutuhkan banyak penelitian untuk menggunakannya secara efektif.
7. Membuat Toko Online di Shopee
Kamu juga bisa melakukannya dengan lebih mudah yakni dengan berjualan di platform e-commerce seperti Shopee. Shopee memberikan kemudahan, keamanan, dan kecepatan dalam melakukan jual beli online. Caranya sangat mudah dan bisa dilakukan tanpa harus membuat toko fisik. Berikut Langkah-langkahnya.
Ada dua cara memulai bisnis online kamu di Shopee yang bisa dilakukan. Berikut ini langkah-langkahnya.
Via Aplikasi Shopee
-Download aplikasi Shopee melalui Play Store bagi pengguna Android dan melalui App Store bagi pengguna iOS.
-Buat akunmu dengan memasukkan detail email, nomor telepon, alamat, dan sebagainya.
-Setelah akunmu terdaftar, kamu bisa mendaftarkan diri sebagai penjual.
-Nah, setelah itu kamu bisa membuat toko dengan memasukkan detail lainnya seperti nama toko, deskripsi toko, logo, produk, dan lainnya.
-Kamu sudah bisa berjualan sekarang!
Via Situs Shopee
-Buka situs Shopee melalui browser laptop atau komputer.
-Lakukan pendaftaran akun dan isi detail yang diperlukan.
-Setelah akunmu terdaftar, lakukan pendaftaran toko dengan membuat toko.
-Isi detail mengenai tokomu seperti nama toko, deskripsi, logo, dan produkmu.
Nah, itu beberapa cara buka toko di Shopee dan jualan online di Shopee. Mudah sekali, bukan? Tunggu apalagi? Daftarkan dirimu sekarang dan buka toko online di Shopee!

Related