Digital

Cara Shopee Dorong Ekspor Produk Lokal

Sumber: Shopee

Shopee kembali menggelar kampanye diskon tahunan Shoppe 11.11 Big Sale. Kampanye yang berlangsung pada 14 Oktober – 11 November 2019 ini kembali menawarkan diskon besar-besaran dan gratis ongkos kirim semua jenis pembelanjaan di aplikasi dan laman Shopee.

Namun, satu hal istimewa yang diangkat Shopee dalam kampanyenya tahun ini adalah dengan hadirnya program ekspor produk lokal ke negara-negara operasional Shopee, yaitu Malaysia dan Singapura,

Nilai ekspor Indonesia yang meningkat 31,02% pada Juli 2019 lalu mendorong Shopee untuk melancarkan program ekspor yang bertajuk Dari Lokal unuk Global. Di samping itu, Shopee sekaligus menjalankan misi untuk mendorong e-commerce sesuai fungsinya, yaitu membantu pelaku bisnis untuk mengembangkan jangkauan konsumennya.

“Kami memahami dukungan pemerintah terhadap fokus pengembangan pasar ekonomi digital di Indonesia melalui kemandirian digiral UMKM perlu dikembangkan demi mendorong potensi pertumbuhan e-commerce di Indonesia. Inisiatif ekspor ini menjadi realisasi kami atas komitmen dalam memberikan pengalaman belanja dan menjangkau basis pasar yang lebih luas lagi bagi penjual dan pembeli di negara operasional Shopee,” ujar Handhika Jahja, Director Shopee Indonesia di Jakarta, Senin (14/10/2019).

Program Ekspor Kreasi Nusantara Dari Lokal Untuk Global akan mendoronng lebih dari 5 ribu produk lokal yang ada di Shopee untuk dijual di Malaysia dan Singapura. Program yang resmi dimulai sejak Maret 2019 ini juga memberikan pelatihan standard produk ekspor kepada seller Shopee. Pada batch pertamanya, Shopee melatih 10 seller Shopee yang bergerak di bidang fashion dan beauty untuk memenuhi syarat produk ekspor seperti kualitas, tren, hingga cara pengiriman.

“Industri e-commerce memiliki peran yang penting dalam pertumbuhan ekonomi Indonesia pada beberapa tahun terakhir. Apalagi, e-commerce juga menjadi motor meningkatnya UMKM di Indonesia yang memiliki peran penting dalam pertumbuhan ekonomi. Dengan adanya program ini, diharapkan para pelaku UMKM tidak lagi hanya bermain di pasar lokal, tapi juga berani membawa produknya ke ranah global sekaligus meningkatkan nilai ekspor Indonesia,” kata Enggartiasto Lukita, Menteri Perdagan.

Dilanjutkan, Program Kreasi Nusantara sejalan dengan visi pemerintah untuk menjadikan Indonesia sebagai Digital Energy of Asia. Dengan adanya gerakan kemandirian digital UMKM, diharapkan dapat meningkatkan kualitas dan daya saing pelaku usaha lokal sekaligus mendorong pertumbuhan ekonomi nasional yang signifikan.

Editor: Sigit Kurniawan

MARKETEERS X








To Top