Finance

Chang Su Choi Menggantikan Rivan Purwantono Pimpin KB Bukopin

Terjadi pergantian tampuk kepemimpinan di bank KB Bukopin. Rivan A. Purwantono telah mengundurkan diri dari jabatannya President Director KB Bukopin karena akan mengemban tugas baru sebagai Direktur Utama PT Jasa Raharja (Persero).

Pada Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) untuk tahun buku 2020 ada beberapa ketetapan yang telah diambil. Salah satunya menetapkan Chang Su Choi sebagai  orang tertinggi di KB Bukopin, menggantikan Rivan.   .

Nama Chang Su Choi bukanlah orang baru bagi KB Bukopin. Sebelum ini, ia menjabat Komisaris KB Bukopin,  sebagai perwakilan KB Kookmin Bank. Choi juga merupakan pejabat KB Kookmin Bank yang menggiring proses penambahan modal yang disuntiikan KB Kookmin Bank pada tahun 2020 melalui PUT V dan PMTHETD, bersama dengan Ji Kyu Jang yang sejak Agustus 2020 menjadi Direktur Strategi.

Chang menegaskan bahwa ia akan tetap membawa KB Bukopin untuk fokus menjalankan transformasi dan meningkatkan kepercayaan nasabah. Selain itu, akan menjalakan manajemen yang fokus pada pelayanan nasabah.

“KB Bukopin akan berorientasi pada konsumen dan menjadi bank yang tetap menjaga kearifan lokal. Kami juga akan terus menjalankan transformasi untuk meningkatkan kepercayaan nasabah,” kata Chang Su Choi, Direktur Utama KB Bukopin pada RUPS, Kamis, (17/06/2021).    .

Ia juga menegaskan bahwa digitalisasi menjadi fokus KB Bukopin. Hal ini untuk memberikan kemudahan ke nasabah secara aman dan nyaman. “Kami akan membawa KB Bukopin menjadi salah satu pemain utama di industri perbankan, khususnya dalam perbankan digital,” tegasnya.

Selain fokus pada pasar ritel, KB Bukopin juga akan memperkuat penetrasi ke pasar masyarakat Korea Selatan di Indonesia. Bisa dikatakan, saat ini baru KB Bukopin yang memiliki strategi khusus untuk menyasar segmen ini. Bahkan, pemain bank asal Korea Selatan lainnya cenderung hanya menjaga relasi saja dengan segmen ini.

“KB Bukopin memiliki afiliasi dengan jaringan global KB Finansial. Sehingga, menjadi nilai tambah dalam menggarap pasar, baik lokal dan masyarakat Korea Selatan di Indonesia.  Di sisi lain, sejauh ini belum ada bank asal Korea yang fokus menggarap segmen masyarakat Korea di Indonesia dengan fokus,” jelasnya.

Selain menetapkan Chang Su Choi sebagai Direktur Utama KB Bukopin, RUPS juga mengesahkan jajaran manajemen Perseroan. Hari Wurianto menjabat sebagai Direktur Kepatuhan, Helmi Fakhrudin sebagai Direktur Operasional, Dodi Widjajanto sebagai Direktur Wholesale Banking, dan Shin Seng Hyup yang menjabat Direktur Keuangan. Jajaran manajemen ini diperkuat dengan kehadiran Robby Mondong sebagai Wakil Direktur Utama, Yohanes Suhardi dan Iwan Dharmawan sebagai Direktur.

MARKETEERS X








To Top