Content Marketing Garda Medika Jawab Kecemasan Masyarakat Soal Kesehatan

profile photo reporter Muhammad Perkasa Al Hafiz
MuhammadPerkasa Al Hafiz
12 Oktober 2020
marketeers article
Adanya pandemi COVID-19 tentunya telah mengubah sebagian besar kebiasaan hidup masyarakat dalam beraktivitas. Kesadaran masyarakat akan kesehatan diri pun meningkat. Di sisi lain, banyak kecemasan yang dirasakan oleh masyarakat. Tidak sedikit masyarakat yang membutuhkan edukasi soal kesehatan namun belum bisa berpergian ke sembarang tempat untuk sekadar mencari informasi, atau mendatangi dokter.
Kondisi ini pun menebar peluang bagi para pemilik brand untuk tetap dekat dengan konsumen mereka. Salah satunya melalui sebuah content marketing. Seperti yang dilakukan oleh produk asuransi kesehatan dari Asuransi Astra, Garda Medika. Sebagai content marketing, Garda Media menggelar web seminar (webinar) dan memperkenalkan fitur baru di aplikasi Garda Mobile Medcare.
“Semakin banyak orang yang mulai memerhatikan kesehatan mereka dan mencoba untuk memperbaiki kualitas hidup melalui gaya hidup yang sehat. Namun perlu diketahui, untuk mencapai gaya hidup yang sehat tidak dapat dilakukan secara sembarangan,” ujar Christopher Pangestu, Chief Marketing Officer – Commercial & Health Business Asuransi Astra.
Menurutnya, ada pola-pola tertentu yang harus kita lakukan agar gaya hidup sehat yang kita inginkan dapat berjalan terarah sesuai dengan proses yang kita jalani. Sehingga manfaatnya dapat dirasakan secara nyata.
Bertajuk Keeping Wellness during Pandemic, webinar ini mengundang Sophie Navita, Wellness Advocate sebagai pembicara.
Aplikasi digital
Tidak hanya tips dan trik cara menjaga wellness, Garda Medika juga memperkenalkan terobosan baru dari Garda Mobile Medcare yaitu fitur Find My Doctor & E-Claim.
Garda Medika menghadirkan dua fitur terbaru ini karena melihat adanya kebutuhan pelanggan yang terus berkembang. Dengan fitur Find my Doctor, perusahaan berharap dapat mengeliminasi rasa cemas pengguna akibat informasi yang keliru ketika mencari diagnosa gejala medis secara mandiri.
Chatbot Garxia dalam fitur ini akan ikut berperan membantu pengguna menemukan diagnosa sementara secara tepat. Selain itu, teknologi ini juga akan mereferensikan dokter yang sesuai dengan hasil diagnosa yang dirasakan, hingga mencari klinik dan rumah sakit terdekat agar pengguna bisa mendapatkan penanganan yang lebih tepat selanjutnya.
Fitur ini hadir untuk mempermudah pelanggan yang masih sering bingung dan ragu saat ingin memeriksakan diri bertemu langsung dengan dokter. Garda Medika ingin pelanggan menjadi bebas panik dan mempermudah pelanggan dalam menentukan dokter hingga waktu kunjungan ke klinik atau rumah sakit yang dituju.
Khusus untuk nasabah Garda Media, aplikasi Medcare ini menghadirkan fitur E-Claim. Berbasis “click, upload, beres”, pengajuan penggantian biaya pengobatan kini dapat dilakukan secara digital. Pelanggan cukup mengisi data pengobatan, mengunggah foto kuitansi biaya, dan klaim akan segera diproses oleh tim Garda Medika.
Uang pelanggan akan di-transfer kembali dalam kurun waktu yang relatif jauh lebih cepat hingga hanya menjadi H+2 setelah pengajuan berkas-berkas lengkap. Di sini, Garda Medika ingin memangkas waktu proses klaim yang bisa memakan waktu hingga 14 hari kerja.
Begitu juga dengan aplikasi Medcare. Garda Medika mengedepankan pengalaman yang mudah dengen memerhatikan user experience dan user interface dari aplikasi yang dapat diunduh di Google Play dan App Store secara gratis ini.

Related