Creative Tourism Destination Award, Ajang Apresiasi Pariwisata Indonesia

profile photo reporter Adiva Maharani
AdivaMaharani
19 Mei 2022
marketeers article
Creative Tourism Destination Award (Foto: MarkPlus, Inc.)

Salah satu ajang penghargaan di sektor pariwisata, Creative Tourism Destination Award, dihadirkan oleh MarkPlus Tourism. Dibuka dengan diskusi bersama Senior Associate MarkPlus, Inc., Samuel Riko, ajang penghargaan ini termasuk ke dalam rangkaian gelaran Jakarta Marketing Week 2022.

Deputy Chairman MarkPlus, Inc. Taufik menjelaskan bahwa ajang penghargaan yang berfokus pada sektor pariwisata ini bertujuan untuk mengapresiasi suatu destinasi yang mampu mencipatakan inovasi menarik dalam rangka menghidupkan kembali sektor pariwisata. 

Award ini dibuat sebagai bentuk apresiasi terhadap pengelola destinasi yang mampu berinovasi dengan berbagai aktivitas kreatif untuk membangkitkan kembali sektor pariwisata Indonesia. Penghargaan ini akan terbagi menjadi tiga kategori,” ujar Taufik saat membuka gelaran Creative Tourism Destination Award 2022 di Mall Kota Kasablanka, Jakarta, pada hari Kamis (19/5/2022).

Tiga kategori penghargaan yang dimaksud adalah Kategori Digital, Kategori SDGs, dan Kategori Youth. Ketiganya memiliki kriteria masing-masing yang menyoroti langkah pengembangan sektor pariwisata kreatif di Indonesia.

Pada Kategori Digital, penghargaan diberikan kepada destinasi yang berhasil memanfaatkan media digital dalam berinovasi, menciptakan, serta mengembangkan program, atraksi, atau daya tarik bagi masyarakat luas. Nantinya pengalaman berwisata yang unik dan berkesan akan didapatkan oleh para wisatawan. 

Untuk Kategori SDGs, daerah yang mampu menciptakan dan mengembangkan destinasi pariwisata kreatif berbasiskan prinsip Sustainable Development Goals (SDGs) akan mendapatkan penghargaan. Melalui kontribusi nyata, yang meliputi aspek kesejatheraan, pendidikan, dan lingkungan yang berkelanjutan. 

Kategori ketiga, yakni Kategori Youth. Kategori ini akan memberikan penghargaan untuk destinasi yang berhasil menyediakan sarana generasi muda yang tutut serta berkontribusi dalam penciptaan dan pengembangan destinasi pariwisata kreatif, melalui pemberian ide, kerangka kerja strategis, serta implementasi.

Melalui ajang penghargaan ini, MarkPlus Tourism menunjukkan komitmennya dalam mendukung pariwisata. Sejalan dengan misinya, Creative Tourism Destination Award 2022 diharapkan dapat menjadi dorongan bagi destinasi wisata agar terus berinovasi mengembangkan industri pariwisata kreatif Indonesia. 

“Kami ingin wisatawan hadir mengalokasikan waktu di desa wisata satu sampai dua hari untuk beraktivitas, berkegiatan disana. Ini kami dorong agar destinasi menciptakan aktivitas yang bisa dinikmati turis dan tidak hanya, agar relevan dengan World Tourism Day,” pungkas Taufik.

Berikut daftar pemenang Creative Tourism Destination Award 2022:


Related