Daftar 10 Negara Terbaik untuk Traveling Menurut World Economic Forum

marketeers article
Ilustrarai. (Sumber: 123rf)

World Economic Forum (WEF) mengumumkan Indeks Pembangunan Perjalanan & Pariwisata 2024 dengan daftar negara-negara terbaik yang nyaman untuk melakukan traveling.

Mengutip dari laman CNN Internasional, penilaian dilakukan berdasarkan beberapa faktor, seperti infrastruktur, sumber daya alam, keberlanjutan, tenaga kerja, dan harga.

Hasilnya, Amerika Serikat menempati posisi pertama sebagai negara terbaik untuk pariwisata pada tahun 2024. Penilaian ini juga mencakup aspek pariwisata, hotel, bandara, tempat wisata, dan maskapai penerbangan.

BACA JUGA Deklarasi Wonderful Indonesia 2030: Komitmen Industri Pariwisata Soal SDGs

Enam dari sepuluh negara teratas dalam daftar itu berada di benua Eropa yang dinilai sebagai destinasi wisata terbaik dengan perjalanan intra-regional yang didukung oleh sistem kereta api yang terintegrasi.

Kondisi ini pun memberikan beberapa keuntungan bagi masing-masing negara. Keuntungan ini meliputi kondisi ekonomi yang relatif stabil karena kecenderungan masyarakat Eropa untuk bepergian lebih sering. Dengan begitu, perputaran ekonomi untuk sektor pariwisata terus berjalan.

Sementara dari Asia, Jepang menempati posisi ketiga sebagai negara destinasi terbaik untuk traveling. Hal ini terbukti, Jepang mengalami peningkatan jumlah wisatawan sejak dibuka kembali setelah pandemi.

Tercatat ada lebih dari tiga juta turis asing mengunjungi Jepang pada Maret dan April 2024, dan angka ini diperkirakan akan terus meningkat selama liburan musim panas.

Selain Jepang, China juga masuk dalam jajaran destinasi terbaik dengan menempati peringkat kedelapan. China telah mempermudah akses bagi wisatawan. Seperti menghapus persyaratan visa untuk beberapa negara Eropa dan memudahkan proses visa bagi warga Amerika.

Berikut adalah daftar 10 negara terbaik di dunia untuk perjalanan dan pariwisata versi World Economic Forum pada tahun 2024:

1. Amerika Serikat

2. Spanyol

3. Jepang

4. Perancis

5. Australia

6. Jerman

7. Inggris

8. China

9. Italia

10. Swiss

Editor: Muhammad Perkasa Al Hafiz

Related