Digital

DANA Catatkan Kenaikan Hingga Lima Juta Transaksi Harian

SUMBER: DANA

DANA mengantongi pertumbuhan positif sepanjang semester satu tahun 2021. Pertumbuhan signifikan tercatat pada jumlah pengguna dan transaksi harian di DANA.

Peningkatan jumlah pengguna DANA mengalami lonjakan luar biasa dengan total 70 juta pengguna dari sebelumnya pada Desember 2020, 50 juta pengguna. Selain itu, transaksi harian DANA juga ikut terdorong pertumbuhannya dengan catatan lima juta transaksi per hari.

DANA mencatat rata-rata transaksi per hari tertinggi terjadi pada Mei 2021. Jika dibandingkan secara year-on-year, pertumbuhan rata-rata transaksi pada Mei ini diketahui meningkat sebesar 164%.

“Pertumbuhan ini menunjukkan teknologi finansial yang kami kembangkan semakin inklusif dan menghadirkan manfaat luas. Bukan hanya sekadar untuk pembayaran tetapi juga berbagai transaksi mulai dari perniagaan, interaksi sosial hingga menabung atau berinvestasi,” tutur CEO DANA Vincent Iswara.

Aktivitas transfer uang diketahui meningkat selama pandemi berlangsung. Hal ini dilatarbelakangi imbauan untuk tetap di rumah saja bahkan ketika memasuki masa mudik. Vincent mengungkapkan hal ini kemudian mendorong budaya nontunai di kalangan masyarakat.

“Catatan menarik adalah aktivitas tersebut telah mengakselerasi transfer budaya nontunai dan pemanfaatan teknologi finansial ke berbagai wilayah dan lapisan masyarajat. Ini juga menguatkan optimisme kami terhadap peningkatan inklusi keuangan Indonesia melalui teknologi yang kami kembangkan,” tambah Vincent.

Fitur yang Banyak Digunakan

Sebelumnya, Vincent telah menjelaskan bahwa salah satu fitur favorit pengguna adalah transfer uang. Senior VP of Product DANA Rangga Wiseno melengkapi dengan daftar lima fitur yang paling sering digunakan oleh para pengguna di semester satu tahun 2021.

Fitur-fitur tersebut adalah QRIS Payment, Send Money, pembelian pulsa prabayar untuk telepon seluler, pembayaran online commerce, dan fitur Biller untuk pembayaran tagihan-tagihan. Kelimanya mencatat peningkatan signifikan mulai dari jumlah transaksi hingga pengguna aktif bulanan atau monthly active user (MAU).

“Transaksi menggunakan QRIS meningkat sebesar 131% dengan MAU 309%. Send Money mengalami peningkatan transaksi 99% dengan MAU 91%. Sementara, transaksi pembelian pulsa prabayar meningkat 174% dan MAU 200%. Untuk fitur pembayaran commerce, ada kenaikan transaksi 91% dengan MAU 73%. Sedangkan Biller mengalami kenaikan 93% dengan MAU 103%,” jelas Rangga.

Dengan pencapaian saat ini, DANA menegaskan akan terus mengembangkan produk dan layanan yang mereka berikan. DANA mengedepankan tiga pilar inovasi yang mereka miliki yaitu trusted, friendly, dan accessible. Sehingga, mereka dapat merancang pengalaman bertransaksi digital dengan lebih personal guna mempercepat adopsi teknologi di masyarakat.

MARKETEERS X








To Top