Lifestyle

Dekoruma Bagikan Lima Tren Konsep Rumah Gaya Milenial

Ilustrasi: 123RF

Rata-rata generasi milenial sedang menginjak usia 25-30an. Usia  produktif bekerja dan baru berkeluarga ini menjadikan generasi milenial berada di peringkat atas dalam kepemilikan rumah pertama. Meski secara general rumah dengan lokasi yang strategis dan nyaman adalah keinginan yang sama untuk semua generasi, tapi ada beberapa hal yang dilihat oleh Dekoruma yang membedakan antara rumah milenial dengan hunian generasi sebelumnya. 

Menggunakan konsep open floor plan

Pernah mendengar open floor plan? Konsep satu ini merupakan design yang menyatukan dua atau lebih ruangan tanpa adanya dinding pemisah. Open floor plan sebenernya sudah banyak digunakan, terutama di rumah milenial. Biasanya,  ruangan yang menyatu itu adalah dapur, ruang makan, dan ruang keluarga. 

Mengapa konsep ini banyak ditemukan di rumah milenial? Hal ini dikarenakan generasi ini cenderung mengoptimalkan rumah dari segi fungsional daripada  ukurannya. Tak hanya efektif untuk rumah milenial yang memiliki ruang terbatas,  open floor plan juga membuat interaksi kita dengan anggota keluarga semakin erat  karena dapat melakukan berbagai kegiatan dalam satu ruang yang sama. 

Home office yang menunjang produktivitas bekerja

Pandemi COVID-19 memberikan perubahan yang besar dalam keseharian kita, termasuk urusan pekerjaan. WFH (Work From Home) atau bekerja dari rumah bukanlah istilah yang asing lagi, dan sudah menjadi rutinitas karyawan perkantoran selama bekerja. 

Meski terkesan nyaman, tapi WFH pun memiliki tantangan tersendiri, seperti  munculnya rasa jenuh atau sulit fokus karena ruangan di rumah yang tidak  memadai untuk bekerja. Untuk itu, design home office bisa menjadi solusi rumah  milenial.  

Kamu bisa menyulap ruangan atau spot di salah satu sudut rumah untuk dijadikan  sebagai ruang kerja. Penggunaan ornamen dan rak terbuka yang banyak ditemukan  di rumah milenial, juga bisa kamu aplikasikan untuk memberikan kesan minimalis  tapi tetap modern. 

Rumah milenial yang eco-friendly

Eco-friendly home atau rumah yang ramah lingkungan menjadi trend semenjak  kesadaran akan keselamatan bumi semakin meningkat dari waktu ke waktu. Hal ini turut memengaruhi design dari rumah milenial. Ciri khas dari rumah milenial yang eco-friendly, di antaranya adalah memaksimalkan natural lighting atau pencahayaan ke dalam ruangan. 

Cara pengaplikasiannya dengan menggunakan jendela-jendela yang berukuran besar, atau pintu kaca untuk mengurangi penggunaan cahaya dari lampu listrik.  Kemudian, hal lain yang ditemukan di rumah milenial adalah penggunaan bahan yang mudah didaur ulang sebagai hiasan maupun furniture rumah. 

Ruang olahraga sederhana untuk menjaga kebugaran

Olahraga dianggap sebagai rutinitas penting dari generasi ke generasi. Tapi, konsep rumah dengan ruangan olahraga tersendiri, lebih banyak ditemukan di rumah milenial. Beatrice de Jong, yang merupakan seorang Consumer Trends Expert di Opendoor menyebutkan kalau banyak baby boomers yang menyukai kegiatan olahraga, tapi konsep rumah dengan ruang gym bukanlah prioritas mereka. 

Nah, untuk mewujudkan ruang olahraga yang nyaman, bisa dengan menambahkan cermin besar yang menempel ke dinding, yang memberikan efek ruangan yang  terlihat lebih luas. Selain itu, cabinet kecil untuk menempatkan perlengkapan  olahraga. 

Bagian outdoor rumah milenial untuk relaksasi

Meski perkembangan teknologi membuat milenial menghabiskan banyak waktu dengan gadget dan internet, tetapi para milenial masih membutuhkan area untuk menghabiskan waktu dengan keluarga, dan relaksasi melihat pemandangan hijau. 

Bagaimana jika rumah tersebut tidak memungkinkan memiliki taman? Tak perlu  khawatir, saat ini banyak rumah milenial, terutama yang berlokasi di pusat kota, juga memiliki keterbatasan lahan. Kamu bisa menghias bagian depan atau  belakang rumah dengan tananan hias di permukaan lantai, meja, ataupun digantung. 

Untuk milenial yang berencana membeli rumah baru impian, tentunya tidak mudah dalam memutuskan & melakukan kelima hal ini sendiri. Untungnya, perkembangan teknologi  dan internet memudahkanmu dalam mewujudkan hunian impian. Salah satunya, melalui Dekoruma Properti. Bukan hanya bisa konsultasi secara gratis, kamu juga akan mendapatkan harga terbaik dan bebas pilih furniture!

Most Popular








To Top