Dell Technologies Perkenalkan Desain PC Berkelanjutan

profile photo reporter Clara Ermaningtiastuti
ClaraErmaningtiastuti
18 Desember 2021
marketeers article
Dell Inc. logo on a glass against blurred crowd on the steet. Editorial 3D

Dell Technologies terus menegaskan komitmen untuk dampak lingkungan yang positif secara konsisten dengan melibatkan seluruh elemen perusahaan. Dell menargetkan untuk mempercepat ekonomi sirkular dan meraih target nol emisi gas rumah kaca.

“Meningkatnya perhatian akan krisis iklim, e-waste, dan keterbatasan sumber daya, mendorong pertanyaan di benak kami. Bagaimana jika Dell bisa mendorong penggunaan ulang hingga batas maksimum dan secara drastis bisa mengurangi jejak karbon produk-produk Dell?” ungkap Chief Technology Officer Client Solutions Group Dell Technologies Glen Robson.

Menindaklanjuti target mereka tersebut, Dell memperkenalkan Concept Luna. Ini merupakan proof-of-concept yang dikembangkan bersama dengan Intel dan mengeksplorasi ide-ide desain revolusioner untuk membuat berbagai komponen PC bisa dengan cepat didapatkan, diganti, dan digunakan kembali, yang artinya mengurangi penggunaan sumber daya dan memastikan ada lebih banyak material sirkular yang bisa digunakan.

Konsep ini diciptakan untuk menguji coba material apa yang mungkin dan yang tidak mungkin untuk diproduksi dan dijual. Tapi, jika semua ide desain dari Concept Luna bisa direalisasikan, Dell memperkirakan perusahaan bisa mengurangi jejak karbon produk-produk Dell hingga sekitar 50 %.

“Dengan meningkatnya kekhawatiran tentang krisis iklim, limbah elektronik, dan kendala sumber daya, pertanyaan kita adalah bagaimana kita dapat mendorong penggunaan kembali (reuse) dan dapat mengurangi jejak karbon produk-produk Dell secara signifikan,” kata Robson.

Related