Dialami Dorman Borisman, Ini 5 Tanda Kaki Pengidap Diabetes Harus Diamputasi

marketeers article
Ilustrasi kaki penderita diabetes (Foto: 123rf)

Aktor Dorman Borisman meninggal dunia pada Selasa (7/5/2024) setelah berjuang melawan komplikasi penyakit selama lima tahun terakhir, salah satunya diabetes. Gangguan kesehatan ini bahkan membuat kaki kanannya diamputasi.

Melansir Healthline, amputasi memang merupakan salah satu komplikasi yang bisa disebabkan oleh diabetes. Pada beberapa kasus, ini dapat menyebabkan penyakit arteri perifer (PAD) yang membuat pembuluh darah di kaki menjadi sempit.

Pembuluh darah yang menyempit itu lantas akan menghambat aliran darah ke kaki. Jika aliran darah terhambat, proses penyembuhan luka menjadi terganggu sehingga tubuh pun kesulitan melawan infeksi.

BACA JUGA: Dorong Kesadaran Penyandang Diabetes, Roche Bermitra dengan Diabetes Initiative Indonesia

Berikut beberapa kondisi yang membuat pengidap diabetes perlu menjalani amputasi kaki seperti mendiang Dorman Borisman:

Luka Tak Kunjung Sembuh

Akibat neuropati atau adanya sirkulasi darah yang buruk pada kaki, luka yang dialami pengidap diabetes dapat berubah menjadi bisul yang terinfeksi dan tidak kunjung sembuh. Komplikasi ini bisa menyebabkan pengidap kehilangan telapak kaki, kaki, bahkan nyawa.

Kulit Kering dan Pecah-pecah

Neuropati juga bisa membuat kulit pengidap menjadi kering. Hal ini tidak berbahaya bagi orang sehat, namun akan mengakibatkan retakan yang dapat menjadi luka dan menyebabkan infeksi pada penderita diabetes.

Mata Ikan dan Kapalan

Pengidap diabetes juga dianjurkan segera mengobati mata ikan dan kapalan yang dialaminya, termasuk mengamputasinya jika diperlukan. Sebab jika tidak, kedua masalah kaki tersebut bisa berkembang menjadi borok.

BACA JUGA: Baju Super Ketat Kim Kardashian di Met Gala 2024 Bisa Sebabkan 4 Bahaya Ini

Kelainan Kuku

Pengidap diabetes umumnya juga tidak menyadari bila terjadi kuku kaki tumbuh ke dalam atau adanya infeksi jamur karena kaki telah mati rasa. Jika kondisi ini tidak segera diobati, maka bisa menyebabkan infeksi.

Kaki Charcot

Akibat neuropati, pengidap diabetes juga tidak menyadari kalau mengidap kelainan kaki yang disebut Kaki Charcot. Mereka akan terus berjalan tanpa merasa sakit meskipun tulangnya sudah patah, hingga bisa menyebabkan kondisi kaki makin parah.

Itulah beberapa ciri yang menandakan kaki pengidap diabetes harus diamputasi. Untuk mencegahnya, sebaiknya tanyakan pada tenaga medis tentang cara merawat luka yang baik dan benar agar luka tidak menjadi komplikasi.

Editor: Ranto Rajagukguk

Related