Lifestyle

Digelar Hybrid, MUFFEST Hadir di 5 Kota Besar di Indonesia

Sumber: MUFFEST

Gelaran Muslim Fashion Festival (MUFFEST) 2021 kembali harus beradaptasi dengan kondisi pandemi. Tahun ini, MUFFEST digelar hybrid dengan menggabungkan gelaran daring dan luring untuk semua panggung pagelaran utamanya. Menyusul konsep ini, MUFFEST yang biasanya hanya digelar di Jakarta, kini melakukan roadshow ke lima kota besar di Indonesia, yaitu Jakarta, Yogyakarta, Surabaya, Bekasi, dan Bandung.

Mengangkat tema Recovery for Fashion Industry, MUFFEST memulai roadshow-nya di Yogyakarta pada awal bulan April 2021. Acara ini digelar di Hartono Mall, Yogyakarta. Lia Mustafa, Sekjen Indoneisa Fashion Chamber mengungkapkan dengan strategi ini, MUFFEST tetap dapat mencapai audiensnya sekaligus mendorong keberlangsungan pelaku binsis fesyen di Indonesia.

Sementara itu dari kanal daring, MUFFEST dapat dinikmati dari YouTube dan akun Instagram resmi Indonesia Fashion Chamber. “MUFFEST berhasil mendatangkan 51.000 pengunjung dengan nilai transaksi mencapai Rp 6,5 miliar pada gelarannya di Kota Kasablanka, Jakarta. Gelaran-gelaran setelahnya di kota lain pasti dapat memperbesar nilai tersebut dan mendorong pemulihan ekonomi di sektor fesyen lebih cepat,” katanya.

Di Yogyakarta, MUFFEST 2021 didukung oleh Dekranasda DIY, Karaton Ngayogyakata Hadiningrat, Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman, dan Pemerintah DI Yogyakarta. Secara khusus, Gusti Kanjeng Bendoro Raden Ayu Adipati Paku Alam, Wakil Ketua Dekranasda DIY menyampaikan harapannya terhadap MUFFEST 2021 agar bisa lebih menggaungkan industri fesyen lokal ke pasar internasional. Terutama industri fesyen khas Yogyakarta.

Sementara itu, Kustini Sri Purnomo, Bupati Sleman menargetkan MUFFEST untuk terus enjadi calendar of event untuk kegiata ekonomi kreatif. “Pasar fesyen muslim di dunia sangat besar dan MUFFEST bisa menjadi ruang kreasi penggerak mode untuk menciptakan dan mengembangkan produk.sehingga pasar fesyen di Indonesia bisa hadir lebih kuat di pasar internasional,” tambahnya.

MUFFEST 2021 Yogyakarta digelar di area Grand Atrium Hartono Mall mulai 31 Maret hingga 11 April 2021 mendatang. Gelaran ini menghadirkan karya 18 desainer tanah air dan  17 member IFC Community Semarang dan kolaborasi dengan delapan desainer ternama dengan sejumlah merek fesyen lokal.

“Desainer kolaborator akan menampilkan karyanya di pagelaran busana pada tanggal 9, 10, dan 11 April 2021 di area yang sama. Pada tangal 11 April 2021, kami juga akan melakukan Inagurasi IFC Community Semarang,” kata Lia.

 

Editor: Eko Adiwaluyo

 

 

Most Popular








To Top