Dikontrak Rp 31 Miliar, Peruri Kembali Cetak Paspor Sri Lanka

profile photo reporter Ranto Rajagukguk
RantoRajagukguk
15 Juni 2022
marketeers article
Dikontrak Rp 31 Miliar, Peruri Kembali Cetak Paspor Sri Lanka. (FOTO: Dok Peruri)
Perusahaan Umum (Perum) Peruri kembali dipercaya mencetak 1 juta paspor Sri Lanka pada tahun 2022 senilai Rp 31 miliar. Negara yang berada tepat di bawah benua Afrika itu sudah memercayai Peruri selama 20 tahun untuk mencetak paspor negaranya.
Total 10 juta buku paspor telah dicetak dengan sembilan kali penandatangan kontrak. 
“Penandatanganan kerja sama ini menunjukkan bahwa Peruri diakui di dunia internasional atas kualitas produk yang baik serta kemampuannya menjalankan proyek strategis negara-negara luar,” kata Saiful Bahri, Direktur Operasi Peruri dalam keterangannya, Rabu (15/6/2022).
Penandatanganan perjanjian kerja sama dilakukan oleh Direktur Operasi Peruri Saiful Bahri dan Executive Chairman Epic Lanka Nayana Dehigama. Epic Lanka merupakan perusahaan asal Sri Lanka yang telah ditunjuk oleh Departemen Imigrasi dan Emigrasi Sri Lanka untuk mengerjakan proyek pembuatan paspor.
Pencetakan paspor merupakan sesuatu yang sangat penting untuk membantu masyarakat Sri Lanka melakukan perjalanan internasional, misalnya dalam rangka mencari pekerjaan di luar negeri untuk membantu perputaran roda perekonomian negara, atau perjalanan bisnis bagi pejabat negara dalam rangka meningkatkan hubungan antarnegara di dunia internasional.
Selain mencetak paspor Sri Lanka, perusahaan juga mencetak uang kertas Nepal, prangko Nepal, pita cukai Nepal, prangko Filipina, dan uang kertas Peru.
“Ke depan, Peruri berkomitmen mengembangkan produk-produk cetakan hibrid berbasis digital untuk menambah value suatu produk melalui peningkatan fitur sekuriti serta menjaga kualitas,” tutur Saiful.
Belum lama ini, perusahaan pelat merah tersebut melakukan penandatanganan Perjanjian Kerja Sama dengan Politeknik Negeri Bandung (Polban) dalam rangka memberikan kemudahan layanan bagi alumni untuk mendapatkan legalisir ijazah secara digital. Legalisir ijazah dalam bentuk digital yang pertama kali dikenalkan di Tanah Air.
Fajar Rizki, Direktur Pengembangan Usaha Peruri menyatakan, teknologi digital yang dikembangkan dipastikan menerapkan advanced technology dalam menghasilkan produk legislasi digital ijazah. “Produk yang diaplikasi dalam legalisasi digital ijazah adalah Peruri Tera, yaitu stempel digital yang di-generate oleh seal system yang aman dalam menjamin keaslian dokumen,” ujarnya.

Related