Dinobatkan Sebagai Tempat Terbaik untuk Bekerja, Ini yang Dilakukan Amar Bank

profile photo reporter Ramadhan Triwijanarko
RamadhanTriwijanarko
11 Agustus 2020
marketeers article
Amar Bank diganjar penghargaan Best Places to Work 2020 sebagai salah satu tempat terbaik untuk bekerja di Indonesia. Best Places to Work adalah program sertifikasi internasional yang mempelajari keterlibatan dan kepuasan karyawan.
Menurut Hamza Idrissi, Program Manager Best Places To Work  for Indonesia, Amar Bank berhasil menciptakan lingkungan yang tidak hanya memberikan penghargaan kepada pekerja tetapi juga menumbuhkan semangat keberagaman, tanggung jawab sosial dan inovasi. Perusahaan juga menyediakan alat dan sumber daya untuk membantu karyawan terhubung, membangun komunitas di tempat kerja dan menumbuhkan lingkungan yang inklusif.
“Sangat penting bagi kami bahwa setiap karyawan kami tumbuh secara pribadi karena pertumbuhan mereka pada akhirnya diterjemahkan ke dalam pertumbuhan perusahaan. Dan sama pentingnya bagi kami untuk memastikan bahwa orang-orang senang dan selalu tersenyum di tempat kerja karena tim yang tersenyum akan membuat nasabah juga tersenyum,” kata Vishal Tulsian, Presiden Direktur Amar Bank.
Amar Bank memulai operasional bisnisnya hanya dengan 17 karyawan pada tahun 2014 silam, dan kini sudah mencapai lebih dari 1.000 karyawan. Tim Amar Bank, yang disebut Amarites, menjunjung tinggi nilai-nilai budaya perusahaan yaitu Experimentation, Growth, Fun, Big Dreams, Customer Focus dan Speed yang diimplementasikan dalam aktivitas sehari-hari oleh karyawan.
Menurut Ratna Julia Sahlan, Head of People Function Amar Bank, budaya kerja yang diterapkan membuat unik posisi Amar Bank di industri perbankan. Divisi HR selalu membekali karyawan dengan berbagai budaya aktivitas dan pada saat yang sama mendukung mereka untuk berkembang.
Amar Bank rutin melakukan survei keterlibatan karyawan setiap tahun. Kepuasan karyawan bekerja di Bank Amar tercermin dari peningkatan jumlah karyawan yang bersedia merekomendasikan Amar Bank kepada rekan-rekannya yang tercatat sebesar 91% di tahun 2019, meningkat dari 85% di tahun 2018. Antusiasme karyawan untuk bekerja juga meningkat dari 83% pada 2018 menjadi 88% pada 2019. Hal ini menunjukkan bahwa budaya perusahaan berhasil meningkatkan kepuasan karyawan dan mendukung mereka dalam bekerja.
Penghargaan Best Places to Work 2020 menggunakan metodologi penilaian untuk menentukan pemenang melalui beberapa tahapan mulai dari survei terhadap seluruh karyawan, penilaian dari SDM hingga validasi data. Melalui tiga tahap tersebut, Amar Bank mendapatkan skor Keterlibatan terhadap Kepemimpinan sebesar 81%, Tempat Kerja 80% dan Kerja Tim 80%. Berdasarkan hasil penilaian ini, Amar Bank memenangkan Best Place to Work 2020 di Indonesia.

Related