Dorong Green Innovation, Shell Eco-marathon Kembali Digelar di RI

marketeers article
Shell Eco-marathon kembali digelar di Indonesia. (FOTO: Marketeers/Eric)

Shell Indonesia memiliki komitmen untuk ikut berperan dalam mendorong green innovation di kalangan generasi muda. Komitmen itu diwujudkan lewat kembali digelarnya Shell Eco-marathon.

Susi Hutapea, Vice President Corporate Relations Shell Indonesia mengatakan, kompetisi mobil hemat energi yang digelar sebagai Shell Eco-marathon Asia-Pacific and the Middle East 2024 ini merupakan ajang yang digelar ketiga kalinya di Indonesia.

“Shell Eco-marathon merupakan upaya kami dalam memberdayakan generasi pemimpin energi untuk masa depan. Program ini mewujudkan semangat generasi muda untuk berinovasi dan berkolaborasi dalam menciptakan teknologi yang dapat mendorong efisiensi,” kata Susi Hutapea dalam Konferensi Pers Shell Eco-marathon yang digelar di Jakarta, Selasa (11/6/2024).

BACA JUGA: Pemerintah Harapkan GIICOMVEC Bisa Dorong Ekosistem Green Mobility

Shell Eco-marathon sendiri merupakan program kompetisi inovasi global yang menantang generasi muda untuk merancang, membuat, dan menguji kendaraan hemat energi.

Shell Eco-marathon

Program ini menyatukan keahlian dan ide cemerlang dari mahasiswa seluruh dunia untuk menghadirkan solusi energi yang inovatif dan lebih bersih.

Selain itu, Shell Eco-marathon juga telah sukses menjadi wadah konektivitas bagi pelajar, pelaku industri, hingga pecinta lingkungan untuk dapat berkumpul, bertukar ide, hingga mendorong inovasi menuju masa depan yang lebih berkelanjutan.

Menurutnya, Shell Eco-marathon Asia-Pacific and the Middle East 2024 memberikan kesempatan bagi tim pelajar untuk berkompetisi dalam kategori kendaraan Urban Concept dan Prototype.

BACA JUGA: Perluas Opsi EV, Porsche Indonesia Meluncurkan Macan 4

Adapun sumber energi yang digunakan dibagi menjadi tiga subkategori yaitu mesin pembakaran internal atau internal combustion engine (bensin, solar atau etanol), baterai elektrik, dan sel bahan bakar hidrogen.

Shell Eco-marathon

“Program rutin tahunan ini diharapkan dapat menjawab tantangan energi di masa depan dan menghadirkan solusi transportasi yang inovatif,” ujarnya.

Tahun ini, kompetisi tersebut digelar di Sirkuit Internasional Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat. Lebih dari 80 tim pelajar dari 12 negara di kawasan Asia-Pasifik dan Timur Tengah akan berpartisipasi dalam program berskala regional ini.

Shell Eco-marathon

Dari 80 tim, 40 tim diantaranya merupakan tim dari Indonesia. Salah satunya adalah Tim Arjuna dari Universitas Indonesia.

BACA JUGA: Marketeers x MyPertamina di MIC Season 2/2023 Siap Sajikan Ide Inovatif

Zahran Mizuya, Manager Tim Arjuna Universitas Indonesia mengatakan, Tim Arjuna Universitas Indonesia sudah melakukan persiapan yang maksimal agar menjadi juara di mileage challenge dan regional championship tahun 2024 ini.

“Kami akan membawa beberapa inovasi, di antaranya dari aspek desain aerodinamika serta peningkatan sistem propulsi dan sistem transmisi. Kami percaya bahwa pengembangan kami lakukan untuk Shell Eco-marathon ini nantinya juga dapat berkontribusi untuk transisi energi di Indonesia,” kata Zahran.

Tim ini sendiri telah membuktikan inovasi lewat mobil ramah lingkungan yang dikembangkan dengan powertrain sepeda motor matic. Lewat perpaduan racikan inovasi di bagian bodi, chassis dan powertrain, tim itu berhasil menghadirkan mobil ramah lingkungan yang mampu mencatat konsumsi bahan bakar hingga 1.190 kilometer/liter.

Related