Retail & Property

Dorong Pemulihan Sektor Ritel, Asosiasi Ritel Gandeng Gojek

Sumber: Gojek

Turunnya konsumsi di sektor ritel berpengaruh besar terhadap kondisi perekonomian nasional. Untuk itu, perlu adanya upaya kembali mendorong sekotor ini. Salah satunya yang dilakukan oleh Himpunan Peritel dan Penyewa Pusat Perbelanjaan Indonesia (HIPPINDO) yang menggelar program Hari Belanja Diskon Indonesia (HBD Indonesia) pada 14-30 Agustus 2020.

Uniknya, HIPPINDO juga berupaya untuk beradaptasi dengan perubahan lanskap konsumsi masyarakat yang semakin mengarah ke digital dengan menggandeng Gojek.

“Kerja sama ini mengikuti kerja sama sebelumnya saat mal tutup saat PSBB. Kami melihat dalam kondisi ini ekonomi bisa bergerak dengan konsumsi online. Maka tidak dipungkiri bahwa HBD Indonesia ini bisa mendorong pelaku ritel lewat program-program diskon online,” kata Budihardjo Iduansjah, Ketua Umum DPP HIPPINDO.

Gojek mengerahkan empat layanannya untuk terlibat dalam program HBD Indonesia, yaitu GoFood, GoPay, GoSend, dan GoMall. Shinto Nugroho, Chief of Public Policy and Government Relations Gojek memaparkan bahwa sepanjang bulan Agustus GoFood menggelar Foodiskon. Program ini menawarkan diskon menu siap santap dan siap makan dari berbagai merek restoran ritel dan pelaku UKM. Memperkuat program ini, GoFood juga mengadakan brand day setiap Senin untuk mendukung peningkatan bisnis merchant pilihan.

Sementara itu, layanan GoPay dan GoMall menggandeng e-commerce BliBli dalam menawarkan promo bagi pengguna yang berbelanja menggunakan GoPay. Kemitraan dengan e-commerce juga dilakukan di layanan GoSend yang menawarkan promo biaya kirim pada pembelanjaan di Lazada dan Tokopedia.

“Perlu gotong royong dalam kondisi sekarang, termasuk saling mendukung pelaku bisnis. Kami yakin keterlibatan Gojek dalam program ini bisa memberikan kontribusi positif dalam pemulihan perekonomian sekaligus membantu berbagai pihak untuk memperluas cakupan pasarnya,” tutup Shinto.

Editor: Ramadhan Triwijanarko

MARKETEERS X








To Top