Dorong UKM Jabar Go Global, BNI Gandeng Forever Harvest Success

profile photo reporter Adiva Maharani
AdivaMaharani
22 Juni 2022
marketeers article
Kesepakatan BNI dengan PT Forever Harvest Success Hong Kong (Foto: BNI)
PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk. atau BNI berupaya memperkuat kemampuan globalnya melalui ekspansi kemitraan dengan PT Forever Harvest Success serta pengembangan kapasitas debitur UKM orientasi ekspor dan impor. Kesepakatannya bersama perwakilan dari perusahaan diaspora Indonesia di Hong Kong ini menjadi tanda bagi BNI untuk mendorong UKM go global.
Menjadi supplier wholesale dari 80 toko ritel rekanan di Hong Kong, Forever Harvest Co., Ltd. akan menjadi peluang baik untuk perluasan pasar UKM nasional di wilayahnya. Selain itu, kerja sama ini akan memberikan berbagai strategi dan langkah sukses para pelaku UKM dalam optimalisasi peluang bisnis sehingga bisa menembus pasar global.
Henry Panjaitan, Direktur Treasury dan Internasional BNI mengatakan perseroan merupakan bank pemerintah yang telah mendapatkan tugas untuk Go Global. Pihak bank akan melakukan berbagai upaya guna memperluas basis pasar agar dapat memberi nilai tambah bagi ekonomi Indonesia sekaligus meningkatkan kelas UKM yang merupakan penopang perekonomian saat ini. 
“Kami memfasilitasi para pelaku UMKM Jawa Barat yang berorientasi ekspor untuk bisa  bertemu dan menjajaki kemitraan dengan PT Forever Harvest Success, sehingga diharapkan agar ke depannya para pelaku UMKM ini dapat menjadi mitra supplier dari Forever Harvest Co., Ltd dan sukses menembus pasar Hong Kong,” kata Henry dikutip dari laman BNI.
Selama Januari hingga Mei 2022, BNI telah berhasil meningkatkan pertumbuhan transaksi ekspor dengan baik. Persentase peningkatannya mencapai sebesar 30,62% secara year-on-year. Hal ini menjadi dorongan BNI untuk berkolaborasi dengan Forever Harvest Success untuk optimalisasi daya saing pelaku UKM berorientasi ekspor, terutama UKM Jawa Barat.
BNI berharap para pelaku UKM mendapatkan wawasan yang komprehensif dan memiliki kemampuan untuk meningkatkan kapasitas serta jangkauan bisnisnya. Selain itu, volume bisnis BNI turut bertumbuh melalui pemanfaatan produk dan layanan pembiayaan yang juga meliputi cash management, trade finance, remittance, dan produk transactional banking lainnya.
“Selain itu cabang BNI di luar negeri dapat memberikan layanan advisory mengenai market insight dan regulasi lokal terkait custom and tax, dan lain sebagainya, serta menyediakan skema pembiayaan khusus kepada para pelaku usaha Indonesia mulai dari skala Korporasi, Menengah, dan Kecil sehingga mampu menembus pasar global,” tutur Henry.
Editor: Ranto Rajagukguk

Related