Digital

Dorong UKM Tingkatkan Kualitas Konten, Tiktok Gelar Program #MajuBarengTiktok

Persaingan platform video mobile berdurasi singkat makin sengit. Tiktok dan Instagram bak sedang berkejaran dalam satu lintasan. Hingga April 2021 pada laman Statista.com, tercatat pengguna aktif bulanan (Monthly Active User/MAU) Tiktok sudah mencapat 732 juta, naik sekitar 14,3 juta pengguna dari Oktober 2020 lalu. Tiktok terlihat terus mengejar Instagram yang berada di angka 1,287 miliar pengguna aktif. Jumlah ini merupakan angka secara global, bukan hanya pengguna aktif di Indonesia.

Berupaya untuk meningkatkan MAU, Tiktok mencoba meningkatkan kualitas konten yang dibuat oleh para pengguna aktif. Kali ini Tiktok menyasar pengguna aktif yang merupakan UKM. Melalui program #MajuBarengTikTok yang, Tiktok menggelar rangkaian kelas online gratis yang juga melibatkan para ahli di bidang pemasaran dan kreasi konten untuk memberikan materi yang relevan, agar bisa dimanfaatkan para UKM dalam mengembangkan bisnisnya.

“Satu hal yang selalu kami sampaikan kepada para pelaku UKM adalah berani mencoba untuk membuat konten pemasaran di TikTok. Authenticity menjadi keunikan platform ini, dan hal tersebut dapat dimanfaatkan oleh para pelaku UKM untuk menjangkau target konsumen yang lebih luas yang ada di TikTok,” Kata Pandu Nitiseputro, Head of SMB, TikTok Indonesia.

Adapun beberapa poin yang dibahas dalam kelas kreatif #MajuBarengTikTok, antara lain: menjadikan produk sebagai jawaban untuk masalah yang dihadapi konsumen, memuat konten kreatif dengan memberikan kejutan di akhir, dan manfaatkan creative tools gratis untuk menyempurnakan ide kreatif.

“Tips-tips dari para ahli yang menjadi pemateri di program #MajuBarengTikTok diharapkan dapat membantu para pelaku UKM untuk semakin meningkatkan bisnisnya melalui platform TikTok,” ujar Pandu.

#MajuBarengTikTok adalah program persembahan TikTok Indonesia untuk mendukung UKM go digital, melalui serangkaian kelas online gratis, sertifikasi, hingga bantuan marketing berupa TikTok credit ads. TikTok juga menggandeng pemateri dari berbagai industri untuk mengisi kelas online dengan topik beragam, mulai dari pengenalan online store, pembuatan konten kreatif, hingga pemanfaatan platform digital secara efektif untuk strategi pemasaran.

MARKETEERS X








To Top