Retail & Property

Dua Langkah Watsons Perkuat Komitmen Pelestarian Lingkungan

SUMBER: WATSONS

Watsons mempertegas komitmen kepedulian terhadap lingkungan dengan menjadi ritel kesehatan dan kecantikan pertama yang terdaftar pada New Plastics Economy (NPE) Global Commitment. Hal tersebut merupakan langkah Watsons untuk ikut dalam upaya mengurangi sampah plastik.

Selain itu, Watsons juga terdaftar sebagai anggota Roundtable on Sustainable Palm Oil (RSPO), sebuah organisasi untuk mendukung isu sosial dan lingkungan yang fokus pada industri minyak kelapa sawit. Karenanya, Watsons kini meninjau keseluruhan portofolio untuk mengidentifikasi produk yang bisa menggunakan minyak kelapa sawit bersertifikat RSPO pada akhir tahun 2021.

“Watsons ingin membantu meningkatkan kesadaran masyarakat mengenai isu sustainability dengan inisiatif mendukung dua hal baru yang penting terhadap lingkungan. Kami berharap akan lebih banyak lagi kelompok ritel dapat membuat komitmen dalam kelestarian lingkungan sehingga dapat membuat bumi kita bisa lebih berkelanjutan,” ujar Group COO of A.S. Watson Group dan CEO of A.S. Watson (Asia & Eropa) Malina Ngai.

Partisipasi Watsons dalam NPE Global Commitment merupakan upaya untuk membantu menanggulangi polusi plastik. Ini bukan kali pertama Watsons melakukan inisiatif dalam mengatasi masalah ini, pada tahun 2014, Watsons telah melarang penggunaan microplastic pada produk mereka. Larangan ini kemudian diperluas ke semua gerai pada Januari 2020.

Mengenai kemasan produk Watsons, perusahaan berkomitmen melakukan tiga hal. Pertama, mehilangkan penggunaan plastik yang tidak diperlukan untuk mengindari over packaging dan mengurangi PVC, pelarangan menyeluruh untuk PVS akan dilakukan pada tahun 2030.

Kedua, menggunakan minimal 20% kandungan plastik daur ulang pada kemasan di tahun 2025 jika penggunaan plastik daur ulang diizinkan. Ketiga, mendukung kemasan yang dapat didaur ulang dan plastik yang bisa digunakan kembali.

Watsons Indonesia telah menerapkan larangan penggunaan kantong plastik sekali pakai pada seluruh gerai di Indonesia. Hal tersebut dilakukan sebagai dukungan pada peraturan pemerintah. Sebagai gantinya, Watsons menggunakan cassava bag yaitu pengganti kantong plastik konvensional yang terbuat dari resin alami dan dapat dikonsumsi mikro organisme dalam tanah. Selain itu, Watsons juga menyediakan pilihan tas belanja yang dapat dipakai berulang kali berbahan non-woven, kanvas, dan parasut.

Editor:Ramadhan Triwijanarko

MARKETEERS X








To Top