Lifestyle & Entertainment

Duet McDonald’s dan BTS Bukan Sekadar Targetkan Penggemar

SUMBER: MCDONALDS

Kesuksesan Bangtan Boys atau yang lebih dikenal dengan BTS nyatanya tidak berhenti di industri musik saja. Kepopuleran grup idola Korea tersebut telah merambah ke bisnis periklanan. Hal itu terlihat dari daftar perusahaan yang menggandeng BTS sebagai icon dari brand mereka.

BTS telah menghiasi wajah periklanan sejumlah brand kenamaan. Mulai dari fesyen bersama Louis Vuitton hingga yang terbaru, yaitu kolaborasi bersama fast-food chain, McDonald’s untuk menghadirkan BTS Meal. Dilansir dari Korea Herald, para ahli mengungkapkan bahwa langkah kolaborasi bersama grup idola ini bukan hanya menargetkan penggemar yang kebanyakan berasal dari generasi milenial dan Gen Z sebagai konsumen.

Lebih dari itu, kedua perusahaan yang terlibat punya tujuan lain. Dengan menggandeng BTS yang dinobatkan CNN sebagai boyband terbaik dunia pada tahun 2019 tersebut, mereka ingin mendapatkan perhatian di media sosial.

McDonald’s mengambil langkah strategis dengan mengubah tampilan pada profil media sosial mereka pertengahan April lalu. Mereka bahkan menyisipkan angka tujuh kecil di akhir nama menjadi McDonald’s⁷ dan menambahkan emoji hati berwarna ungu yang khas dengan fandom BTS yang dinamakan ARMY.

Sumber: McDonald’s

Unggahan dari media sosial McDonald’s maupun agensi BTS, HYBE, mendapatkan lebih dari satu juta like.

“Ketika media sosial menghasilkan angka, itu membuat orang ingin tahu apa yang sedang trending dan mengapa itu bisa menjadi trending. Konsumen secara umum banyak yang merasa aman ketika mengikuti tren, sehingga iklan yang memanfaatkan keramaian di platform ini menjadi lebih efektif,” ujar Lee Young-ae, profesor Departemen Ilmu Konsumen di Universitas Nasional Incheon.

Lee menambahkan bahwa peran media sosial kini tidak lagi sebatas menyampaikan pesan dari brand kepada konsumen. Hal ini membuat informasi yang disampaikan kepada konsumen terkadang tidak lengkap dan berjalan satu arah. Padahal, media sosial merupakan platform yang digunakan konsumen untuk berbincang dan memberikan feedback.

BTS Meal yang dihadirkan McDonald’s bersama BTS sendiri sebenarnya merupakan menu pilihan anggota BTS atau bisa dibilang their McDonald’s Go-To. Dengan memesan BTS Meal ini, konsumen bisa mendapatkan 10 nugget ayam, satu kentang goreng medium dan minuman dengan opsi beragam dalam ukuran medium.

Sumber: McDonald’s

Namun, untuk saus yang disajikan bersama 10 buah nugget ini berbeda dengan saus yang disediakan biasanya. Pada BTS Meal, konsumen mendapatkan dua saus yaitu sweet chili dan cajun yang resepnya dihadirkan khusus di McDonald’s Korea Selatan.

Tidak hanya bekerja sama untuk BTS Meal saja, BTS dan McDonald’s juga berkolaborasi untuk merchandise istimewa. Mulai dari hoodies, bathrobe, kaus kaki, bahkan sandal. Penggemar BTS maupun McDonald’s bisa mendapatka desain unik dari merchandise kolaborasi keduanya secara eksklusif di Weverse Shop.

Sumber: Weverse Shop

Weverse sendiri merupakan salah satu anak perusahaan dari HYBE. Weverse merupakan platform yang mempertemukan idola dengan penggemarnya, namun berkembang memberikan berbagai layanan lainnya salah satunya Weverse Shop tadi.

Menggandeng idola dari generasi milenial dan Gen Z sebenarnya bukan langkah baru yang diambil oleh McDonald’s. Pasalnya, restoran siap saji ini telah meluncurkan menu spesial bersama rapper asal Amerika Serikat Travis Scott. Pada menu tersebut, konsumen bisa mendapatkan burger yang menjadi favorit sang musisi. Namun, berbeda dengan BTS Meal yang diluncurkan ke sejumlah negara di seluruh dunia, menu Travis Scott ini hanya tersedia di Amerika Serikat.

Pemilihan BTS sebagai icon dari sebuah brand sebenarnya bukan sesuatu yang mengherankan. Banyak brand menjadikan grup idola beranggotakan tujuh personil ini untuk memasarkan produknya.

Beberapa di antaranya adalah Samsung Electronics yang meluncurkan ponsel pintar edisi BTS, FILA, Hyundai Motor, Lotte Duty Free. Bahkan, perusahaan e-commerce Indonesia, Tokopedia, juga tidak ketinggalan memboyong BTS sebagai brand ambassador mereka.

Hasilnya, tidak perlu diragukan lagi. Setiap kegiatan yang dilakukan dan berkaitan dengan brand yang bersangkutan selalu masuk ke jajaran trending topic di media sosial. Dan, tentunya mendapatkan perhatian banyak orang bahkan yang bukan penggemar sekalipun.

MARKETEERS X








To Top