Dukung Inklusi Keuangan, Astra Resmikan Bank Wakaf Mikro

profile photo reporter Maida Beryl S
MaidaBeryl S
11 April 2022
marketeers article
PT Astra International Tbk (Astra) bersama PT Asuransi Astra Buana (Asuransi Astra) meresmikan Bank Wakaf Mikro (BWM) Babul Maghfirah yang terletak di Banda Aceh. Bank Wakaf Mikro ini menjadi Badan Wakaf Mikro kesembilan dari sepuluh BWM yang telah didirikan Astra bersama unit bisnisnya, Astra Financial. Upaya ini dihadirkan sebagai wujud dukungan terhadap peningkatan inklusi keuangan masyarakat,
Peresmian BWM Babul Maghfirah ini merupakan salah satu bentuk pelaksanaan komitmen Astra dalam hal tanggung jawab sosial yang berkesinambungan, khususnya pemberdayaan kepada masyarakat di sekitar pondok pesantren. ​​Hal ini juga menjadi wujud dukungan Astra dalam inklusi keuangan masyarakat terutama dalam keuangan syariah.
“Astra kerap menjalankan berbagai kontribusi sosial berkelanjutan untuk memajukan kualitas bangsa. Program Bank Wakaf Mikro ini diharapkan dapat meningkatkan inklusi keuangan dan kesejahteraan masyarakat di sekitar pondok pesantren di seluruh Indonesia. Hal ini mendukung pula Sustainable Development Goals Indonesia dan sejalan dengan cita-cita Astra untuk sejahtera bersama bangsa,” ujar Chief of Corporate Affairs Astra Riza Deliansyah dalam laporan terulisnya.
Sebelumnya, berdasarkan Survei Nasional Literasi dan Inklusi Keuangan (SNLIK) yang dilakukan pada tahun 2019 oleh OJK, indeks literasi keuangan Indonesia sebesar 38,03% dan indeks inklusi keuangan sebesar 76,19%. Persentase tersebut menunjukkan bahwa sebagian besar masyarakat Indonesia belum memahami dengan baik produk dan layanan jasa keuangan yang ditawarkan oleh lembaga jasa keuangan formal.
Grup Astra berupaya menyikapi hal tersebut dengan menghadirkan Bank Wakaf Mikro yang sesuai dengan visi visi SNLKI 2021 – 2025, yakni mewujudkan masyarakat Indonesia dengan indeks literasi keuangan yang tinggi (well-literate).
Program BWM juga menjadi perwujudan strategi dari Pilar Dua Kerangka Struktural Master Plan Sektor Jasa Keuangan Indonesia (MPSJKI) 2021 – 2025, yaitu Pengembangan Ekosistem Jasa Keuangan yang berfokus pada program ‘Memperluas Akses Keuangan dan Meningkatkan Literasi Keuangan Masyarakat’. Kehadiran BWM diharapkan dapat membantu masyarakat agar dapat memanfaatkan produk dan layanan jasa keuangan yang sesuai untuk mencapai kesejahteraan keuangan yang berkelanjutan.
Hingga tahun 2022, terdapat sepuluh BWM yang telah didirikan oleh Grup Astra melalui lini bisnis Astra Financial, dengan total dana donasi mencapai lebih dari Rp 40 miliar. Peresmian Bank Wakaf Mikro di Banda Aceh ini menjadi BWM ketiga yang mendapat dukungan dari Asuransi Astra. 
Melalui program BWM, Astra dan Astra Financial mendukung OJK untuk meningkatkan tingkat literasi dan inklusi keuangan masyarakat Indonesia. Dukungan ini mencakup seluruh aspek literasi dan inklusi keuangan mulai dari pengenalan manfaat hingga risiko dalam memanfaatkan layanan-layanan Lembaga Jasa Keuangan. Harapannya, dukungan ini dapat membawa perubahan positif pada tata cara pengelolaan keuangan masyarakat untuk mewujudkan Indonesia yang sejahtera.
Editor: Muhammad Perkasa Al Hafiz

Related